Parade Entrepreneur Ilmu Komputer UGM


R U the Next Him? Tell me please ….

Menjadi entrepreneur yang sukses adalah salah satu ambisi utama dalam hidupku. Terus terang, beberapa bulan yang lalu atau tepatnya di awal Januari 2008, aku dan Fuad D.R. juga pernah membuat semacam usaha kecil-kecilan; Scholarscamp dan Blogleagues. Tapi sayang, kedua-duanya gagal. Setidaknya dari segi bisnis, bukan teknis.

He .. he … kalau teknisnya sih si Fuad udah berhasil dengan programnya. Sayang aku saja yang kurang bisa membawanya terbang ke ranah maya dengan sukses. Tapi ya sudahlah, sekarang si Fuad sudah diterima di Pertamina dan aku pun sudah mendapatkan pekerjaan sebagai seorang blogger. SO, nothing to lose my friend. Semua ada hikmahnya :)

Selain kami, ternyata anak-anak ilmu komputer banyak juga yang sedang menjajal peruntungan mereka sebagai entrepreneur. Siapa saja mereka. Berikut hasil penelusuran sementara.

1. Alva Hendi Muhammad, ST dengan Mbois.com

Mbois [dot] com merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan online. Kami memilih menggunakan internet sebagai media promosi karena cakupan internet yang tidak dibatasi area geografis dan waktu. Siapa saja di dunia ini bisa mengakses media internet selama 24 jam.

Bidang usaha mbois mencakup penjualan benda-benda kerajinan yang memiliki nilai seni dan telah menjadi ciri khas dari suatu daerah/pengrajin. Benda yang bisa dipasarkan di mbois antara lain: Batik, Keramik, Ukiran kayu, Kain, Perak, Perhiasan, Aksesoris dan barang cenderamata lainnya.

2. M. Fuad Dwi Rizki dan Wim Permana

ScholarsCamp dan Blogleagues.Com. Keduanya sudah tidak aktif. ScholarsCamp adalah social bookmarking untuk beasiswa di seluruh dunia. Sementara Blogleagus.com adalah semacam platform yang kami create buat para blogger untuk membuat liga dan berkompetisi di atas suatu topik tertentu.

3. Dhanang Rah Wibowo

Turut serta dalam mendesain Blogleagues.com, sekarang sedang berkutat dengan sesuatu yang masih agak dirahasiakannya. Akan saya pasang kalau dia sudah mengizinkan.

4. Arief Ikhwan Wicaksono (Awik) dengan Tsalatsanya

Buat yang satu ini. Biarlah gambar yang menjelaskannya. Ok? Anda tahu apa itu. Ternyata si Awik sekarang sudah menjadi reseller ISP Intersat. So, jika temen-temen ada yang berminat mencari ISP, mungkin awik dengan tsalatsanya patut dipertimbangkan. Murah dan berkualitas. Apalagi kan ada awiknya gitu. Kalau ada masalah tinggal telepon aja dia. Ga perlu ke intersatnya dulu. 

But you got to remember that tsalatsa is not a subsidiary of Intersat. Awik cuma dikontrak oleh Intersat sampai Mei 2009. So sehabis itu, ada kemungkinan dia bisa jadi terus dengan intersat or malah pindah ke lain hati macam Speedy, JMN, Citra, dsb.

Oh ya, kata awik website tsalatsa bakal sudah mengudara minggu depan. So stay tuned, Ok?

5. Tri Pratiwi Handayani dengan Lulur Balinya

Dulunya dia anak ilmu komputer angkatan 2003 kelas B. Secara akademis sekarang dia adalah seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Teknologi Malaysia. Tapi salut, di sela-sela kesibukannya untuk ber-coding ria, ternyata dia juga adalah seorang pedagang lulur. Setahuku dulu muslimah berkerudung ini sempat juga berdagang empek-empek di asrama mahasiswanya UTM. Busyet dah. Ini mo kuliah atau mo nguli-ah ……. Tapi salut. Plok …. plok …. plok … Subhanallah.

6. Indra Haryadi dengan DOJO-hotspot center

Indra adalah anak ilkomp kelas B angkatan 2004. Dojo adalah area atau zona hotspot bernuansa jepang di daerah Pogung. Letaknya tepat di seberang Warung Barokah yang menghadap ke selatan. Dalam membangun Dojo, Indra tidak sendiri. Ia ditemani oleh temen2 ilkomp yang lain. Antaranya Arief (surip-kom A), afia (kom B), dan beberapa temen2 D3 Komsi. Tarifnya lumayan murah (standar sebenarnya), satu jam cuma berkisar antara 1500-3000 perak. Anda cukup bawa laptop dan -kata Si Afie yang Manis – bisa langsung  wifian dengan kenceng… D

Untuk sementara profilnya bisa ditengok di http://profiles.friendster.com/rumahdojo

7. Agro Rachmatullah S. Kom dengan Beberapa Blog adsensenya

Ini Dia problogger keluaran ilkom 03. Sepengetahuanku, Agro termasuk salah satu “the whizzkid”-nya Ilmu Komputer angkatanku. Betapa tidak, ketika teman2 yang lain masih belajar (termasuk aku), si Agro in sudah mencoba-coba hal-hal dalam dunia IT yang belum banyak orang lain mencobanya; fractal dan C# diantaranya.

Sekarang, Si Agro sedang berjuang untuk memenuhi panggilan hatinya. Lucu ya, bukan dengan terus-terusan coding C# atau C++, melainkan blogging. Agro yang punya rambut bak Giring Nidji ini sedang membangun dan membesarkan keempat blognya sekaligus: Agronesia, Midoria, Aguro, dan Yumeko. Ketertarikannya pada bahasa dan budaya Jepang yang unik dan penuh filosofi telah membuatnya termotivasi untuk menyebarkan ilmu dan pengetahuan yang ia punya ke seluruh dunia dan bangsa Indonesia. Cek sekelumit tentang Agro di sini.

8. Joe dengan The Satrianto Show-nya

Kalau ada anak Ilkomp yang gak kenal dengan manusia yang satu ini berarti dia lumayan kebangetan dan gapsos (gagap sosial) bangetz. Soalnya ini orang sudah kapalan tinggal di Ilkomp dan lumayan ngelotok dengan Kantin Milan. Alhamdulillah, untuk beberapa bulan yang lalu dia udah lulus. So, markas Ilkomp ga bakal jadi nyebelin lagi deh. Ha .. ha …

Mas Joe sedang mencoba peruntungannya dengan blognya yang lumayan crowded; http://www.thesatriantoshow.tk/

Tidak hanya ramai dengan komentar, blog ini juga ramai dengan iklan di sana-sini. Dari atas ke bawah. Dari deoan ke belakang. Wah, pokoknya di mana-mana deh. Udah nyampe $500 belum ya?

9. Ghulam Imaduddin dan gengnya dengan Bara Media

Aku belum punya banyak informasi mengenai Bara Media ini. Tapi yang jelas, mereka pernah menangani pembuatan proyek web site salah satu unit yang ada di UGM kalau tidak salah. So kalau ada yang punya info soal mereka mohon ditambahin ya. 

N. Berikutnya ….. andakah …?

Kalau anda punya data atau sekedar info mohon saya diberi tahu ya. Ini lumayan penting demi perkembangan dunia entrepreneurship. Khususnya untuk anak-anak Ilmu Komputer UGM itu sendiri.

Note:

Jangan merasa terzalimi dengan urutan di atas ya. Soalnya saya menulisnya asal inget aja. Belum ada rencana untuk menyusunnya dengan prinsip alfabetis atau dari segi kesenioran angkatan. So, keep positive please. Anyway, kalau ada yang berminat untuk menyusunnya dengan lebih baik. Sungguh akan saya dukung sepenuhnya.

Post ini akan saya perbarui terus jika ada data atau info baru yang masuk. Thanks.

image

About these ads

21 comments

  1. Ada tambahan lagi tuh, Deni Setiarika Ikomp 2002, dia juga usaha di bidang TI tapi agak kurang tahu content yang dijual apa. Baithewe, Wim, saya juga berniat untuk wiraswasta tapi nantilah setelah studi lanjut. Ooooya kalau web scholarship menurut saya yang paling sip (karena kontennya lengkap) ya scholarship-positions.com…mungkin bisa menirunya Wim…sama mungkin diberikan konten-konten iklan lembaga bahasa gtu yang lokalan indonesia apalagi jogja (wkwkwkwkwk ambisi pribadi)

  2. mau nambahi ah…sayangnya bukan saya, huehehehe :D, belum..belum..semoga segera… amiin..
    ada temen saya neeh, temen kuliah, sekaligus teman main…
    Indra Haryadi (indra, ilkomp B 2004)
    sudah mendirikan DOJO-hotspot center. tempat hotspotan bernuansa jepang di daerah pogung. kalo yang tau warung Barokah, pasti tau tempat ini, letaknya tepat di sebrangnya, menghadap ke selatan.
    setahu saya, indra juga mengajak temen2 ilkomp yang lain, tersebut Arief (surip-komA), afia (komB), dan beberapa temen2 komsi.
    kesana deh, sejamnya berkisar antara 1500-3000, tinggal bawa laptop dan kita bisa wifian dengan kenceng… :D

    sementara profilnya bisa ditengok di http://profiles.friendster.com/rumahdojo

  3. waduh udah diprofilkan sama wim.. :malu:

    ada banyak alasan mengapa orang memilih menjadi entrepreneur.. saya sendiri belum menjadi entrepreneur, hanya masih belajar ke arah itu. kenapa saya nekat harus pny usaha? karena hati saya memang di sana (di samping ingin menjadi pengajar). sangat berat bekerja jika hati kita ada di luar pekerjaan kita. ini yg saya alami jika bekerja di perusahaan.

    masih banyak motivasi lainnya yg gak muat ditulis di sini.. yang jelas bagi saya, iklim di ilmu komputer-ugm sangat kondusif bagi mahasiswa untuk melangkah menjadi pengusaha.. semua mental sudah diasah di kampus, tinggal diperlukan sedikit keberanian menerapkannya di dunia nyata..

    salam hangat, ditunggu juga parade entrepreneur ilmu komputer ugm lainnya..

  4. Ikutan menambahkan aaah..meskipun diriku sekarang bukan entrepeneur (nanti mungkin), bukan praktisi IT lagi..Ada satu lagi dari angkatan 2001..culis,hepi (ikomp2001)..dengan Global Intermedianya yang kayaknya ciyy sukses beratttt,hihihi (ayo bilang makasih dah kupromosiin:p)..hahaha

  5. saya sebenernya lebih konsen jualan kaos dibanding ngurusin kantinmilan, wim. kaos2 dengan tema IT. cuma memang belum ta’pajang online, hohoho. masih bermasalah dgn hostingan yang bandwidth limit exceeded terus tiap akhir bulan, kekeke!

    ahaha, kalo iklan2annya malah baru hari ini nembus $100nya :D

  6. belum murni jadi enterpreneur kok akhi.., masih dalam taraf belajar. tapi terimakasih sudah dimuat…

    eagles flies alone, menjadi enterpreneur tidak perlu menunggu gerakan masa, hanya perlu melihat diri kita sendiri, apakah kita sudah bisa membantu negara dengan membuka lapangan pekerjaan seluas mungkin..

    salam hangat. ALLAHUAKBAR!!!!!!

  7. Yogyes.com punyanya mas Agus Supriyadi bukan ya?
    Aku di Trento juga jalanin bisnisan loh… Cuma emang sengaja non-profit, namanya DF-NET: internet murah (per bulan cukup 6 EUR/user), kualitas ga terlalu bubrah lah :D Customersnya baru 8 orang sih, tapi lumayanlah buat cuci mata (customersnya didominasi wanita bule :D ). Mas Topan mau joint-venture? :P

  8. iku Denny SP Ilkom 2002 di http://camp26.com
    spesialisasi mod joomla kyknya

    Sulis & Hepi Ilkom 2001, Global Intermedia, software provider.

    anak statistik 2002, Danang, freelance graphic designer, sukses besar di rentacoder.com, terbukti dengan hondajazz merahnya yang kinyis-kinyis :D

    kalo saya jualan mi ayam :D
    enterpreneur juga toh, wekekeke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s