job seeker

8 Karakteristik PT Abal-Abal di Indonesia

cowardscartoon

Pernahkah anda dipanggil untuk tes wawancara oleh sebuah perusahaan, yang kemudian anda tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya janji-janji manis bahwa anda akan diterima bekerja setelah membayar sejumlah uang untuk hal-hal aneh dan bodoh plus tidak wajar; biaya tes, biaya seragam, jaminan kesehatan, jaminan diterima, dll? Jika anda termasuk salah satunya, maka selamat anda mungkin belum beruntung. Harap maklum, PT yang telah memanggil anda tadi boleh jadi termasuk ke dalam salah satu PT Abal-Abal yang bertebaran di Indonesia.

Berikut karakteristik mereka:

1. PT Abal-Abal sejatinya perusahaan resmi dan terdaftar.

PT Abal-Abal umumnya terdaftar di Depperindag dan berbadan hukum. Dua hal ini adalah keharusan. Tujuannya adalah agar para calon korban banyak yang tertipu – sekalian untuk mengelabui para polisi juga mungkin. Mereka punya nomor resmi laiknya perusahaan lain yang non abal-abal. Hanya saja, niat dan tujuan mereka adalah bukan untuk memberikan anda pekerjaan sebagaimana lazimnya. Niat utama mereka adalah MENGAMBIL UANG SEBANYAK MUNGKIN DARI PARA CALON PELAMAR.

2. PT Abal-Abal memasang iklan di media-media terkemuka.

Beberapa PT Abal-Abal yang ada di jabodetabek memasang iklan secara rutin di harian nomor satu Indonesia, KOMPAS – biasanya setiap hari sabtu. Umumnya iklan lowongan kerja dari PT Abal-Abal akan tampil dengan ukuran yang agak kecil, sekitar 6 X 6 cm. Tidak bisa dibilang iklan cilik atau baris, tapi belum pantas juga dibilang besar.

Yang sudah tertipu bukan main banyaknya. Ada yang kena 700 ribu, 400 ribu, 300 ribu, sampai 50 ribu. Alhamdulillah, ada juga yang selamat karena sebelum ke kantor tujuan, para calon pelamar ini sempat mencari di Google sebelum akhirnya terdampar di blog ini atau blog lainnya. Kalau tidak percaya silahkan lihat di tulisan saya sebelumnya. Jangan lupa untuk membaca habis semua komentar yang masuk karena di situlah kezaliman PT Abal-Abal ini bisa terlihat jelas.

Itu untuk wilayah jabodetabek. Bagi anda yang berdomisili di Yogyakarta, anda juga harus hati-hati, PT Abal-Abal tampaknya sudah sering memasang iklan di Kedaulatan Rakyat (KR), harian terbesar dan terhormat seantero Jateng dan DIY. Khusus untuk PT Abal-Abal di Yogyakarta saya belum berani menuliskan namanya. Maklum, saya belum sempat menjajal sendiri ikut tes wawancara palsu mereka meski saya sendiri sudah dikirimi sms oleh PT Abal-Abal tersebut.

(lebih…)

18 Hadits Rasulullah untuk para Job Seeker

081205150751

18 Hadits Rasulullah untuk para pengangguran

Jika anda adalah para job seeker alias para pengangguran, sebaiknya anda membaca kedelapan belas hadis ini dengan hati yang khusyuk. Karena bisa jadi, setelah membaca semua mutiara ini, anda bakal langsung tergerak untuk merubah diri anda menjadi manusia yang lebih baik. Insyaallah …

************************************

Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

Sesungguhnya Ruhul Qudus (malaikat Jibril) membisikkan dalam benakku bahwa jiwa tidak akan wafat sebelum lengkap dan sempurna rezekinya. Karena itu hendaklah kamu bertakwa kepada Allah dan memperbaiki mata pencaharianmu. Apabila datangnya rezeki itu terlambat, janganlah kamu memburunya dengan jalan bermaksiat kepada Allah karena apa yang ada di sisi Allah hanya bisa diraih dengan ketaatan kepada-Nya. (HR. Abu Zar dan Al Hakim)

Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad)

Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad)

Sesungguhnya di antara dosa-dosa ada yang tidak bisa dihapus (ditebus) dengan pahala shalat, sedekah atau haji namun hanya dapat ditebus dengan kesusah-payahan dalam mencari nafkah. (HR. Ath-Thabrani)

Sesungguhnya Allah Ta’ala senang melihat hambaNya bersusah payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal. (HR. Ad-Dailami)

Seorang yang membawa tambang lalu pergi mencari dan mengumpulkan kayu bakar lantas dibawanya ke pasar untuk dijual dan uangnya digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan nafkah dirinya maka itu lebih baik dari seorang yang meminta-minta kepada orang-orang yang terkadang diberi dan kadang ditolak. (Mutafaq’alaih)

Tiada makanan yang lebih baik daripada hasil usaha tangan sendiri. (HR. Bukhari)

(lebih…)

Empat perusahaan Indonesia yang tidak perlu dilamar

2 job seeker

Inilah keempat perusahaan yang sebaiknya diwaspadai:

PT Arthamindo Indonesia
PT Ranying Perkasa

PT Rankasa Indonesia
PT Belprima

Keempat perusahaan fiktif ini seringkali beriklan di KOMPAS setiap minggunya (edisi SABTU). Sebenarnya saya ingin sekali langsung melamar dan mengikuti wawancara di keempat perusahaan ini, tapi untung saya selamat sebelum rugi.

[baca juga: cara mengambil uang Anda dari PT Penipu atau PT Abal-Abal]

Sebelum datang ke kantor fiktif mereka, saya sempatkan dulu meneliti keabsahan keempat perusahaan ini. Hasilnya? Alhamdulillah, saya beruntung. Beberapa rekan ternyata sudah melapor dan memberi komentar di KOMPASIANA (ironi, padahal iklan mereka masih ada terus di KOMPAS SABTU, orang KOMPAS CETAK ngapain aja ya).

Berikut beberapa komentar dari KOMPASIANA tentang mereka:

Adi Nugroho,
— 16 April 2009 jam 11:50 am

Terima Kasih informasinya pak. Memang bener banyak komplotan perusahaan penipu, seperti pt rankasa. Yang saya tau pt rankasa memang benar bekas pt ranying perkasa yang tempatnya di menara BTN itu, karena kebakaran mereka pindah. Sebenarnya saya adalah korban dari mereka juga, saya telah membayar 700.000 di bulan november. Dulu saya melamarnya di pt Arthamindo Indonesia bertempat di gedung tira jl kuningan, eh ternyata saya di lempar ke pt rankasa, walau sempet di pt ranying perkasa. Dan ternyata yg punya perusahaan ini adalah sama. bahkan suami istri. Suaminya pegang arthamindo, istrinya pegang rankasa. Buat teman2 agar lebih waspada lagi.

rexmundi,
— 27 April 2009 jam 5:29 pm

hari ini saya sudah “wawancara” dengan “Pak Dani” di lokasi PT rankasa indonesia. saya agak terkejut ketika si pewawancara menanyakan apakah sisa pesangon masih ada atau belum. dan sangat terkejut ketika dia meminta uang sejumlah Rp 800 rb, kok belum apa-apa sudah minta uang, walaupun dia menjanjikan akan dikembalikan jika saya gagal mendapatkan pekerjaan. tetapi saya memutuskan untuk tidak memberikan yang dia minta. “pewawancara” ini tampaknya sudah sangat terlatih dalam menghadapi mangsanya, tampak dari gaya bicara yang cepat dan panjang lebar (mungkin agar lawan bicara percaya dan gentar) dan sorotan mata yang tajam untuk meyakinkan. hehe…masa dia suruh saya besok pakai dasi supaya ketemu dia lagi di PTC, dengan adanya blog ini, makasih banyak sudah membuat saya berhati-hati.

yohan,
— 30 April 2009 jam 5:07 pm

Hari ini tanggal 30 april 2009 saya baru melakukan interview di PT Belprima Perkasa.(katanya sih Member Of Arthamindo Belprima)berdasarkan iklan KOMPAS, MINGGU 26 April 2009.
Emang bener,saya sendiri hampir kena tipu suruh bayar sebesar 700ribu untuk biaya baju,jaminan kesehatan.dll.serta 50ribu untuk biaya psikotest..untung aja selamedd..walpoun kena biaya test teersebut tapi biarlah anggap aja AMAL ato jadi daging busuk buat dimakan mereka serta pengalaman pribadi sendirii
Harap hati2 deh buat semuanya yang mau ngelamar kerjaan terutama dengan iming2 bayar ini itu..karena kalo dipikr2 kita kan nyari kerja buat cari duit tapi knapa kita yang harus keluarin duit.
Mudah2an cuma jangan sampe banyak orang lagi yang kena…Biar TUHAN aja yang bales dah

Taufiq,
— 5 Mei 2009 jam 9:33 am

Betul PT Belprima sekarang menyewa di Jln.Mampang Prapatan Raya Kav.71-73 Ged.Multika Lt.2, mereka juga kemarin minta uang sama saya 700 rb, tp tidak saya kasih, dan menawarkan psikotes dan katanya dikabari jam 3 ,ternyata s/d hari ini tidak , Bahkan saya tanya mendetail mengenai relasinya dia bilang rahasia perusahaan..(Tidak masuk diakal).. Hati-hati dan tolong ditindak aparat kepolisisan saja takutnya banyak pelamar yg lugu dan tertipu.

Sungguh perih, ternyata ada rekan yang sampai harus menipu orang lain untuk mendapat tempat dan posisi di perusahaan fiktif itu.

Ya Allah ya Rabb, mohon bantuanmu. Musnahkan keempat perusahaan itu dan kembalikan manusia-manusianya ke jalan yang benar.

PT Arthamindo Indonesia
PT Ranying Perkasa
PT Rankasa Indonesia
PT Belprima
PT Mitra Utama Global (PT MUG)

[baca juga: cara mengambil uang Anda dari PT Penipu atau PT Abal-Abal]

Pesan Buat KOMPAS:

Mohon dicek dulu kebenaran dan legalitas sebuah perusahaan yang beriklan. Tidak semua perusahaan layak ditampilkan promonya di ruangmu. Bukannya Kompas itu Amanat Hati Nurani Rakyat …..

Pesan Buat POLISI:

Kapan diproses yang kayak-kayak gini Pak. Sebelum banyak yang terluka dan tertipu…

Pesan Buat Blogger:

Silahkan post tulisan tentang keempat perusahaan di atas biar banyak orang yang tahu …. tagging yang banyak ya …

Pesan Buat DPR RI:

Kira-kira aku dan blogger lain yang nulis soal isu ini bakal kena UU ITE ga ya Pak/bu?

Amin …..

image