Dari Sebelah Timur Ku Tulis Puisi


Dari Sebelah Timur Ku Tulis Puisi

oleh: Wim Permana

di sore yang bermandi mentari
akulah sang daun yang tertiup angin
akulah pohon yang menggantung tinggi

lama aku tak di sini
duduk sila bersama pena

satu dua kata sudah kutemukan
namun tak jua kuremukkan

sulit sekali kuciptakan
mungkin karena ku bukan Tuhan
sulit sekali kuterbangkan
tentu
mungkin karena aku
bukanlah elang

cerita:
puisi ini aku tulis di balairung sayap selatan, pada saat itu cuaca sedang bagus sekali. Di barat matahari memang sedang terbenam, nah dari timurnya aku menulis puisi ini. Inilah alasan utama dari judul puisi di atas.

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

3 thoughts on “Dari Sebelah Timur Ku Tulis Puisi”

  1. Assalammu’alaikum Aa, makasih ya udah ngasih komentar. Btw, aku baru tahu kalu kamu itu dari Malaysia. Hmmm …. bangga juga nih dikomentarin Jiran sendiri.
    Baiklah, Pertanyaanmu yang pertama; apa yang bisa terbang hanya elang?
    He, tantu saja nggak, banyak kok yang bisa terbang. Cuma, sore itu, di tempat aku menulis puisi. sesuatu yang terbang yang paling mencolok atau menonjol adalah elang. Alhamdulillah, di kampusku (UGM) banyak elangnya lho. kamapn-kapan mampir ya. Maka dari itu, puisi ini sangat kontekstual sekali. Puisi ini tercipta pada saat aku duduk berdiskusi dan mencoba untuk menulis puisi bareng teman-teman Forum Lingkar Pena.

    Untuk yang kedua, sengaja aku pilih Tuhan karena menurutku, hanya Tuhanlah yang bisa mencipta. Aku sendiri, sampai hari ini juga, belum pernah sekalipun merasa diri sebagai pencipta, apapun itu. Puisi yang aku tulis, itu semua hanyalah sesuatu yang aku ‘temukan’ bukan ‘ciptakan’. Semua penciptaan adalah Allah, Manusia perantara juga.

    Begitu juga kamu Aa, puisi-puisi yang kamu tulis (persis band-band malaysia nian) yang penuh dengan kegelisahan dan protes, sebenarnya itu juga ‘ciptaan’ Tuhan. Hee …. AA itu cuma mendapat kesempatan untuk menjadi ‘penemu’ bait-bait dalam puisi tersebut.

    Gimana nih, Aa. bisa diterima kah?

Tinggalkan Balasan

