Apa itu Filsafat?


 

Wim Permana
wimkhan@yahoo.com
http://wimpermana.web.ugm.c.id/blog
Jurusan Ilmu Komputer
Universitas Gadjah Mada
03/165273/PA/09313

I. Definisi

  1. Secara bahasa, Philosophy berasal dari dua kata dalam Bahasa Yunani yakni, Philo dan Sophia. Jika digabungkan, kedua kata tersebut akan memiliki arti “cinta akan kebijaksanaan”.
  2. Victor Hugo, diambil dari Buku Doing Philosophy, An Introduction through Thought Experiment: “Filsafat adalah mikroskop pikiran”.
  3. William Thomas, diambil dari Situs The Atlas City and its Objectivitist Center. Filsafat merupakan sebuah sistem komprehensif dari ide-ide mengenai keadaan yang orisinil (murni) dan realitas (kenyataan) yang terjadi dalam hidup. Filsafat juga dapat dijadikan panduan dalam kehidupan karena hal-hal yang berada di dalam lingkupnya selalu menyangkut sesuatu yang mendasar dan membutuhkan penghayatan. Filsafat digunakan untuk menentukan jalan yang akan diambil seseorang dalam kehidupannya, juga memberi petunjuk mengenai tata cara pergaulan antara sesama.
  4. Ayn Rand, diambil dari Philosophy, Who Needs It: Filsafat adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat/hal mendasar dari sebuah eksistensi, tentang manusia, dan hubungan antara eksitensi tersebut dengan manusia itu sendiri. … dalam dunia ilmu pengetahuan kognitif (kesadaran), sains yang bersifat spesifik/khusus merupakan pepohonan, tapi filsafat adalah tanah tempat dimana hutan tersebut menjadi “mungkin” untuk hidup dan berkembang.
  5. Diambil dari Situs Wikipedia, The Free Encyclopedia: Filsafat merupakan sebuah disiplin ilmu yang terdiri dari beberapa cabang antara lain; estetika (aesthetics), epistemologi, etika (ethics), logika (logics), dan metafisika (metaphysics). Di dalamnya seseorang, biasanya disebut dengan filsuf, mempertanyakan beberapa pertanyaan yang sangat mendasar. Contohnya; apakah Tuhan benar-benar ada? Apakah yang membuat sesuatu hal sehingga pantas disebut benar atau salah? Apakah layak kita menempatkan filsafat sebagai “Tuhan” di atas semua disiplin ilmu lainnya?

Download Versi Lengkap Tulisan “Apa itu Filsafat?”

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s