Preview Ubuntu 6.04 “Dapper Drake”


Oleh: Agro Rachmatullah

Ubuntu

Lihata tulisan tentang direktori di sini

Salah satu keunikan Ubuntu adalah komitmennya untuk merilis versi baru setiap enam bulan sekali. Versi berikutnya yaitu 6.04 dengan nama kode Dapper Drake (sering disingkat Dapper saja) akan keluar April 2006.

Perlu diketahui bahwa Dapper tidak dimaksudkan untuk membawa sesuatu yang radikal, namun lebih ke arah penyempurnaan versi sebelumnya. Ini bisa dikontraskan dengan Windows Vista yang akan keluar dengan GUI dan cara mengelola data yang jauh beda dari Windows XP. Dengan mengingat poin tersebut, mari kita lihat perubahan yang dibawa oleh Dapper.

Lebih Cepat

Ubuntu bisa melakukan booting 10 sampai 20 detik lebih cepat dari versi sebelumnya, dan waktu mulai GNOME juga lebih cepat 10 sampai 20 detik. Sistem boot baru yang digunakan untuk Live CD mampu meningkatkan kecepatan booting Live CD sampai sekitar 400 detik. Secara umum juga banyak peningkatan kecepatan pada aplikasi lainnya. Dengan semua peningkatan tersebut, penggunaan Ubuntu terasa lebih cepat dan halus.

Dukungan Hardware Baru

Dapper mendukung lebih banyak lagi hardware. Ini terutama karena kernel dan server X yang baru, namun juga karena kerja keras pengembang Ubuntu. Untuk keperluan tersebut tim kernel Ubuntu menambahkan driver dan patch tambahan ke kernel Linux original.

Hardware baru yang didukung termasuk berbagai perangkat SATA dan SATA RAID, perangkat wireless, dan perangkat Plug-n-Play seperti kamera, scanner, printer, dan USB drive.

Persistensi Live CD

Salah satu kekurangan Live CD di versi Ubuntu sebelumnya adalah ketidakmampuannya mengingat setting dan program baru yang diinstall. Di Live CD versi Dapper, seluruh perubahan yang dilakukan pada sistem bisa disimpan di media lain misalnya USB drive. Jadi dengan berbekal Live CD Dapper dan USB drive, kita seakan membawa komputer pribadi kita ke mana-mana.

Ubuntu Express

Setelah booting dari Live CD, di desktop kini terdapat pilihan untuk melakukan instalasi ke hard disk. Fitur ini disebut Ubuntu Express. Dengan Ubuntu Express segala proses instalasi seperti pengaturan partisi dilakukan dari GNOME. Hal ini juga memungkinkan seseorang melakukan instalasi tanpa memiliki CD instalasi.

Layar Splash Baru

Saat booting dari CD Dapper, kita akan disambut oleh layar yang lebih indah dari versi sebelumnya. Program yang digunakan untuk keperluan tersebut bernama gfxboot.

Dari menu boot tersebut sekarang terdapat pilihan untuk mengecek CD instalasinya, mengecek memori, dan booting ke hard disk. Dari menu awal ini fitur-fitur aksesabilitas yang membantu pengguna cacat juga bisa diaktifkan.

File Contoh

Dapper menyertakan file-file contoh untuk aplikasi-aplikasi utamanya. Beberapa file tersebut termasuk wallpaper dari tim Artwork Ubuntu dan clipart dari openclipart.org. File lain yang rencananya akan disertakan adalah file-file multimedia dan file-file OpenOffice.org.

Software Versi Baru

Dapper menggunakan software-software open source versi terbaru. Contohnya adalah kernel Linux 2.6.15, X11R7, GNOME 2.14, OpenOffice.org 2.0.1, The GIMP 2.2.10, dan Firefox 1.5. Beberapa software baru tersebut akan dibahas lebih mendetil.

X11R7

X Window System dari X.org yang digunakan Dapper adalah versi X11R7. X11R7 adalah versi baru yang sangat signifikan karena membuat X server sepenuhnya modular. Keuntungan dari modularisasi sangatlah banyak, contohnya adalah mendapatkan patch dalam ukuran yang kecil tanpa harus mendownload seluruh X server versi perbaikannya.

Kerangka Multimedia Baru

Gstreamer adalah kerangka multimedia yang digunakan oleh aplikasi multimedia seperti Totem dan Rhythmbox. Gstreamer versi terbaru yaitu 0.10.3 digunakan oleh Dapper.

Versi baru ini dapat memainkan hampir semua format yang ada. Peningkatan lainnya adalah kestabilan yang jauh lebih tinggi dan kemampuan untuk memainkan video dan suara secara sinkron.

Dokumentasi Baru

Tim dokumentasi Ubuntu menyiapkan dokumentasi yang lebih baik dan lengkap. Dua dokumen baru yang ditambahkan adalah Server Starter Guide dan Ubuntu Packaging Guide.

Program pembaca dokumentasi GNOME yaitu Yelp juga telah diupgrade. Perubahan terbesar adalah kecepatannya yang meningkat drastis dan kemampuan untuk melakukan pencarian. Dokumen yang dulunya memerlukan 30 detik untuk ditampilkan kini hanya memerlukan 2 atau 3 detik. Kini halaman man dan GNU Info juga bisa diakses dari Yelp.

GDM

Setelah proses boot selesai, kita disambut oleh GDM yaitu layar untuk login. Layar pertama ini diharapkan semudah dan sesederhana mungkin. Penyederhanaan di Dapper adalah mengelompokkan semua opsi pada dalam satu menu yang terletak di bawah kiri.

Konfigurasi GNOME Panel Baru

Icon untuk Help pada GNOME Panel dihilangkan karena merupakan duplikat dari “System” -> “Help”. Lalu tombol untuk Log Out ditambahkan ke pojok atas kanan. Walaupun merupakan duplikat dari “System” -> “Log Out”, frekuensi penggunaannya yang sering menjadi alasan penempatannya di panel.

Menu yang Ditata Ulang

Untuk mengurangi jumlah entri di menu default sehingga sistem terlihat lebih simpel, terjadi penataan ulang. Salah satu ide utamanya adalah menghilangkan entri yang kemungkinan besar membingungkan. Ini seperti pendekatan pada Windows di mana program-program “rumit” seperti regedit dan msconfig tidak ada di start menu. Ide lainnya adalah menyembunyikan program-program yang fungsinya sebagai viewer sebab pada umunya pengguna menggunakan program tersebut dengan cara membuka file yang ingin dilihat dari file manager. Sebagai perbandingan, Windows Picture and Fax Viewer di Windows XP juga tidak bisa dijalankan dari start menu tapi muncul dengan sendirinya saat pengguna membuka file gambar.

Tab yang Bisa Dipindahkan

Di Dapper, tab pada aplikasi seperti Gedit dan GNOME Terminal bisa dipindahkan sehingga kita dapat menyusunnya sesuai kebutuhan. Cara bekerjanya sama seperti pada Firefox 1.5.

Dialog Log Out Baru

Dialog log out yang baru memungkinkan kita melakukan pilihan hanya dengan sekali klik. Dialog sebelumnya menggunakan drop down list sehingga kurang praktis.

Firefox 1.5

Versi terbaru dari browser open source paling populer, Firefox, sekarang ada di Dapper. Peningkatan pada versi 1.5 adalah rendering halaman web yang lebih cepat, tab yang bisa dipindahkan, dukungan format gambar vektor SVG, dan dukungan terhadap tag canvas.

Pencarian di Nautilus

Kini pencarian dapat dengan mudah dilakukan di Nautilus dengan mengklik tombol “Search” lalu menuliskan kriterianya. Kalau Beagle terinstall, pencarian instan dapat dilakukan.

Dukungan Podcast pada Rhythmbox

Rhythmbox versi terbaru memiliki banyak peningkatan, contohnya adalah kemampuan memainkan Podcast dan pengambilan informasi lagu dari internet secara otomatis.

Rhythmbox juga sekarang memunculkan dialog notifikasi saat memulai lagu baru pada playlistnya.

XChat-GNOME

XChat-GNOME adalah klien IRC default pada Dapper. XChat-GNOME dibangun dari xchat namun memiliki antarmuka yang lebih mudah dipakai.

X-Chat memiliki fitur notifikasi. Jika X-Chat sedang berjalan di belakang dan seseorang mengirim pesan, maka pemberitahuan akan muncul di bawah kanan layar.

GNOME Terminal

Kini GNOME Terminal menyediakan tombol x untuk setiap tabnya sehingga tiap tab dapat ditutup melalui mouse dengan mudah.

Kecepatan program ini juga telah ditingkatkan drastis. Isi file besar yang membuat xterm menghabiskan 1 menit lebih untuk menampilkannya, bisa ditampilkan oleh Gnome Terminal dalam 2 detik.

Gedit

Kini kita bisa memunculkan panel yang mendaftar file-file yang terbuka di panel kiri. Dari Gedit kini juga bisa ditampilkan output dari shell script dan Python. Gedit juga sekarang mampu melakukan baca dan tulis pada file di komputer lain.

Deskbar

Terdapat applet panel baru yang sangat berguna yaitu Deskbar. Dengan Deskbar kita bisa menjalankan program, membuka bookmark, melakukan pencarian dengan Beagle, menggunakan search engine seperti Google, dan masih banyak lagi.

Ekiga

Ekiga yang dulu bernama GnomeMeeting adalah program untuk melakukan VoIP (Voice over IP). Versi 2.0 disertakan di Dapper.

GNOME Screensaver

Xscreensaver kini telah digantikan oleh GNOME Screensaver dengan antarmuka yang lebih cantik.

GNOME Power Manager

Dapper menyertakan GNOME Power Manager yang bisa digunakan untuk mengatur fitur penghematan energi komputer kita.

Xgl dan compiz

Xgl dan compiz adalah software baru yang dikerjakan oleh para insinyur di Novell. Karena masih eksperimental, kedua program tersebut tidak terinstall secara default di Dapper. Walaupun begitu kita bisa mencoba mendownload dan menginstall paketnya.

Kalau software tersebut bisa berjalan, makan desktop kita akan menggunakan berbagai efek yang mencengangkan. Efek-efek tersebut menyamai bahkan dalam banyak kasus melebihi kemampuan Mas OS X dan Windows Vista. Berbagai video tentang kemampuannya bisa dilihat di http://www.novell.com/linux/xglrelease/.

Penutup

Dengan segala perbaikan yang ada, Dapper semakin ideal untuk digunakan sebagai sistem operasi pengguna desktop. Perbaikan bertahap yang dilakukan pada Dapper adalah kesimpulan dari dua versi sebelumnya yaitu Hoary Hedgehog (5.04) dan Breezy Badger (5.10).

Sebagian besar diterjemahkan dari wiki Ubuntu oleh Agro Rachmatullah

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

1 thought on “Preview Ubuntu 6.04 “Dapper Drake””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s