Hikmah dari Keikutsertaan ScholarsCamp di PPTiK Expo


Hmm, sebelum dan sesudahnya, kami dari ScholarsCamp Squadra ingin menyampaikan rasa terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada pihak panitia atas kesempatan yang telah diberikan. Khususnya kepada Arif Prihutomo alias Ayip Eiger, tanpa Arif mungkin kami nggak bakal berani datang ke sana. Juga buat Awang yang udah ngasih semangat di comment post sebelumnya.

So, apa yang kami lakukan dan dapatkan di sana? Tidak banyak. User hanya bertambah satu; alhamdulillah. Sementara itu, kami juga bingung di sana, perasaan kok malah tidak produktif ya.

Begini detil ceritanya,

Pada pukul 10.00 WIB aku baru tiba di lokasi acara. Dari luar alhamdulillah kelihatan ramai sekali. Wah, bagus nih buat ScholarsCamp. Tapi sayang, keramaian di dalam lokasi hanya diisi oleh panitia plus anak-anak SMK (aku tidak tahu kalau ada yang lain lagi :)) Tahu keadaannya seperti ini, aku jadi langsung down; tidak sesuai dengan ekspektasi kalau begitu. Padahal dalam bayanganku sebelum berangkat ke sana, aku akan menjumpai para mahasiswa yang lalu lalang di depan stand kami. Uhh, kasian deh kami. Alih-alih ketemu mahasiswa kami malah ketemu anak-anak SMK.

Praktis, mulai dari jam 10 sampai jam 12 aku hanya bisa lalu lalang tidak fokus ke sana ke mari mencari sesuatu yang tak pasti. Aku bingung sekali. Apa yang harus kami promosikan kepada pengunjung-pengunjung ini? Nanti kalau aku langsung tembak ke fitur-fitur ScholarsCamp macam BlackHole dan sebagainya malah jadi bingung mereka. Wah, jangan kalau begitu ….

Daripada tidak dapat apa-apa sama sekali, akhirnya aku dan Fuad mencoba untuk membujuk salah seorang anak SMK, anak-anak cewek lagi. Huits, rada-rada malu juga nih. Tapi aku mencoba untuk memberanikan diri. Kalau tidak salah dialognya berjalan seperti ini.

********************************************************

“Eh Dik, kalian pernah dengar ga tentang ScholarsCamp?”

“Nggak, …. apa tuh?”

“Hmm, bentar-bentar, nanti kalau kalian lulus SMA pada mau kuliah bukan?”

“Nggak mas, kami mau bekerja. Kan SMK.” (Toeeeeeeeeeeengggggggggggg … wakakakak .. he .. he .. )

“Oh gitu toh, ngomong-ngomong kalian mengambil jurusan apa nih?”

“Akuntansi”

“Ooo, akuntansi toh. Tapi sebenarnya kalau ada yang memberi kalian beasiswa untuk mengambil kuliah di jurusan akuntansi kalian mau bukan?”

“Wah ya iyalah mas. Kenapa tidak.”

“Kalian punya email kan?”

“Ada, tapi sudah lupa kok mas, jarang dipake …” (Oh tidaaaaaaaaaakkkkk …. toeng lagi)

“Ya sudah tidak apa-apa. Nah adik-adik, aku ingin mencoba memperkenalkan kalian dengan ScholarsCamp, mau ya?”

“Apa hubungannya dengan … “

“ScholarsCamp itu situs yang bisa bantu kalian buat mencari beasiswa di internet. Tidak hanya mencari, dengan salah satu fiturnya situs ini bisa membantu untuk menjodohkan kalian dengan beasiswa-beasiswa yang cocok dengan data akademik kalian. Misalnya di sini kalian kan anak-anak akuntansi jadi biasanya kalian kan maunya beasiswa yang berkaitan dengan akuntansi juga kan. nah, alih-alih repot mencari sistem kami justru akan memberikan beasiswa yang sesuai dengan minatmu itu ke dalam profile mu. So tidak usah pakai mencari segala.”

“Oh gitu toh mas.”

“Iya dik”

*********************************

Sekian lama menjelaskan. Akhirnya ada juga yang mau mendaftar (agak sedikit terpaksa juga dia). Astri namanya. Dia anak kelas 1 SMK Santo Yosep Yogyakarta Jurusan Akuntansi. Amin.

Apa hikmahnya? Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan renungan di sini:

1

Bersyukurlah kalau ada pengunjung yang mau mendaftar jadi member di ScholarsCamp. Meskipun hanya satu. Ternyata Allah memberi tahu kami bahwa satu saja sulitnya bukan main.

2

Sebelum mengikuti kegiatan yang sifatnya expo atau sejenisnya, sebaiknya cari tahu dulu siapa target pengunjungnya. Pastikan bahwa calon pengunjung pameran tersebut juga target audience dari jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaan atau situs milik kita.

3

Ketimbang mengeluh dalam pameran, sebaiknya kita mengajak ngobrol para partisipan lain yang juga sedang mencoba untuk memamerkan produknya. Alih-alih dapat member, mungkin bisa jadi kita malah dapat partner untuk memperluas pasar. (sayang ini yang tidak kami lakukan dengan baik ketika di PPTiK expo, padahal di sana juga ada yang datang dari Elins)

Ah, lain kali kami masih ingin ikut Expo-expo lagi. tapi tentu saja, yang bisa memberi kami efek yang lebih dahsyat, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

tetapi sekali lagi, sebagai penutup, kami ScholarsCamp Squadra mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang sudah bekerja dengan sabar dan tekun baik sebelum, selama, bahkan sesudah acara. Hebat, terima kasih juga buat makan siang dan snacknya. Ebnak banget deh. Jangan bosan ya mengundang kami di expo berikutnya.

Hormat Kami,

ScholarsCamp Squadra

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

4 thoughts on “Hikmah dari Keikutsertaan ScholarsCamp di PPTiK Expo”

  1. Foto2nya mn Wim? waduh pingin liat stan kalian, suasananya, dll. Tapi dari tulisan di atas y sudah ad gmbaran. Ksimpulan dariku “belajar”, hebat kalian tlah mlewati 1 lagi proses blajar.

    Wim, tapi siapapun targetnya, saranku coba aj, kan klo blum dcoba blum tau hasilnya. Bny postifnya aku rasa, misal yg kita kasih tau pasti/mungkin punya mas/mbak yg kuliah, ato sepupu, atau teman2 nah dia bs crita ke mereka ttg ScholarsCamp, dan kalian akan dpet efek perkalian…

    klo ini yg perdana aku ucapin: “Selamat n semangat!”, klo bukan yg pertama: “Maju trus!”.

  2. Makasih ya wang. btw ini bener2 yang pertama kok. Maklumlah, memang seperti itu adanya. Lucu juga sih. Btw, makasih udah sering-sering mampir dan membaca tulsainku.

    Kamu juga maju terus ya, tunjukkan bahwa kita bisa. Nasib beda-beda tapi niat insyaallah bisa disama rata; ingin mencari ridho allah SWT.

  3. Maju terus Wim..!!!
    Nggak apa2 kalau saat ini stand kalian cuma ada seorang pengunjung. Menurutku keren juga lho kalian bikin hal yang seperti ScholarsCamp. Mudah2an kalau aku berminat cari beasiswa untuk nerusin kuliah kalian bisa banyak membantu ya, he..he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s