Ada bug di situs Detik.com; kolusi dengan Sun Microsystem atau ….?


Sungguh aneh. Kok bisa ya? Tapi ini benar lho. Kalau nggak percaya silahkan buktikan saja sekarang juga (kecuali kalau tim Detik.com sudah memperbaikinya).

Sekarang coba anda kunjungi situs detik.com. Seperti biasa, halaman depan yang super keren itu (jangan main-main lho mas, halaman depan itu mungkin bisa miliaran kalau diuangkan) akan dengan sangat cepat menyambangi anda. Maklum, server detik sepertinya merupakan salah satu server terbaik yang pernah netter Indonesia temui. (hayo kalau mau ngecek koneksi internet pakai apa kalo Google sedang ga bisa)

Kalau sudah sekarang silahkan tarik scroll bar browser anda sampai ke bawah. Tepatnya sampai anda melihat kotak pencarian Google yang berada di bawah iklan Sun Microsystem. Sudah belum? Kalau sudah ya sudah karena disitulah letak bugnya!

Mana kok ga terjadi apa-apa? Kalau cuma diliatin sih nggak apa-apa. Sekarang coba pakai kotak pencarian itu untuk mencari sesuatu. Apa saja deh! Ketikkan sesuatu di situ.

*26%&*^$*&^%!)(+_*|&^$*(*

Gimana aneh kan?

iklan sun di detik

Itu lho kotak pencariannya!

Itu dia bug-nya!

Ketika kursor anda masuk ke dalam kotak pencarian. Anda akan langsung “dikejutkan” dengan munculnya penampakan window baru dari browser yang saat itu sedang anda pakai. Kalau saya sih pakai Apple Safari nih. Maklum penggemar Apple, meskipun cuma yang versi Windows🙂 Pengguna Opera juga sama. Bagaimana dengan pengguna IE dan Firefox? Alhamdulillah kalau IE tidak ada masalah tapi Firefox aku belum coba. (ayo lekas dicoba)

Lalu apa hubungannya bug seperti itu dengan judul yang agak bombastis

He … he … pertanyaan yang bagus. Soal judul jangan marah. Saya kan sedang mencontoh judul-judul beritayang sering tampil di detik.com juga. heboh gitu lho. Nah sekarang mari kita lihat dari sisi periklanan (advertising) di Detik.com. Perlu diketahui bahwa tampaknya Sun Microsystem memesan space jenis “bottom microsite”. Ini terbukti dari window yang muncul. Ada url berikut: http://microsite.detik.com/sun/. Tahu harganya berapa? Sekitar Rp 28.875.000/bulan atau Rp 7.218.750/minggu. Jumlah yang tidak kecil bukan.

Perhatian:

Tulisan di bawah ini adalah analisis dari saya jika saja detik.com menampilkan bug (event/kejadian) serupa di Internet Explorer. tapi karena ternyata di IE tidak terjadi apa-apa. Berarti baik Sun maupun Detik.com saya nyatakan bersih. Maklum, semua yang pernah mengembangkan aplikasi berbasis web pasti tahu betapa sulitnya mencari standar yang benar diantara browser-browser yang ada. Mau nurut IE, nanti di Firefox dkk malah rusak. Mau sebaliknya malah takut dimarahi netter Indonesia yang kebanyakan masih pakai IE. Wah, bingung-bingung.

——————————————————————————————

Iya tapi apa masalahnya

Praduga sementara yang saya ambil sih sederhana. Sepertinya ada “permainan ” antara detik dan Sun Microsystem untuk membuat bagaimana caranya agar iklan tersebut bisa diklik sebanyak-banyaknya.

Lalu apa ruginya? Secara fisik sih emmang nggak ada. Tapi dari segi kode etik dan kenyamanan para pembaca dan pengunjung detik, hal ini tentu bermasalah. Lha bayangkan saja, masak pengunjung yang maksud dan tujuannya itu ingin mencari informasi di detik melalui Google search malah dikasih window yang berisi pesan iklan dari Sun Micosystem.

Wah ini kan kurang etis. User jadi terganggu. Lalu siapa yang untung di sini? Apakah Sun Microsystem? Belum tentu! Soalnya citra Sun di mata user justru bisa turun akibat iklan yang aneh ini. Kalau detik sih ga masalah, uangnya kan sudah masuk duluan.

iklan sun

Contoh Window baru yang muncul secara tiba-tiba.

Tadinya saya beranggapan bahwa yang dirugikan adalah Sun Microsystem, khususnya bila detik menerapkan iklan yang sifatnya PPC (Pay Per Click). Tapi setelah saya cek lagi ternyata saya salah. Detik tidak enggunakan sistem PPC untuk iklan di atas kotak Google search. So, user seperti kitalah yang dirugikan.

Catatan:

Post atau artikel ini hanyalah sebuah fakta yang tidak dibuat-buat. Tujuan utama dari post ini adalah untuk mengantar para pembaca semua ke pesan berikut ini.

Saat ini kami menantang teman-teman maupun para pembaca sekalian untuk menemukan bug yang ada di situs kami Blog League (http://blogleagues.com).

Tips untuk menemukan bug di sebuah website sebenarnya gampang. Anda hanya perlu untuk lebih mengintensifkan aktivitas anda di situs tersebut. Dan bila tidak keberatan, cobalah uji layanan atau fitur-fitur yang ada di situs kami dengan browser yang berbeda-beda pula.

Dalam kasus Blog League, ini berarti kami meminta teman-teman untuk mencoba-coba banyak hal di dalamnya. Contohnya; membuat liga, melihat liga, meminta invitasi, membuat komentar di kontestan yang anda sukai, memasang widget kontestan di blog wordpress anda, dll.

Imbalan buat anda

Saat ini kami masih dalam status “not-yet-venture-fundable“. Apa itu? Belum ada investor alias masih berjalan pakai uang sendiri. Dengan demikian, kami tidak mungkin memberikan anda imbalan berupa uang atau barang. Nah, sebagai gantinya, kami bertiga menawarkan persahabatan untuk anda.

Memangnya apa gunanya bersahabat dengan kami. He … hee … bisa temenan plus konsultasi gratis. Berikut profil kami. Singkat saja sebaiknya.

M. Fuad Dwi Rizki

Fuad adalah CTO dari Blog League dan ScholarsCamp. Semua hal-hal teknis yang berhubungan dengan aplikasi dan pemrograman akan ditangani oleh Fuad. Oh ya, di tahun 2007 kemarin, Fuad termasuk salah satu peserta Google Summer of Code yang proposalnya diterima oleh Google. Keren bukan? Cuma 4 orang dari Indonesia lho. Sayang Kompas dan Tempo lupa untuk meliputnya.

Oh ya, sebagai programmer dan developer, Fuad insyallah mahir berbicara dengan Java, PHP, Ruby, bahkan Phyton. Salah satu hal mutakhir yang akan dilakukannya sebentar lagi adalah memindahkan (porting istilah teknisnya) aplikasi Blog League ke Google App Engine yang terkenal itu. Ingin konsultasi gratis dengannya, silahkan hubungi via fuad1986 @ gmail.com

Slogan hidupnya keren lho:

“Talk is cheap, show me your code”

Wim Permana

Wim adalah si empu blog yang sedang anda baca ini. Sayalah yang menulis post-post yang tugasnya adalah untuk membantu anda dalam memahami aplikasi dan layanan yang kami buat. Waktu kuliah, Wim menulis skripsi yang berkaitan dengan WordPress dan Student Centered Learning. Menariknya, skripsi ini ternyata juga berhasil menjadi salah satu penelitian yang layak mendapatkan hibah dari Depkominfo. Horeeee ….

Saat ini, selain menjabat sebagai CEO Blog League dan ScholarsCamp, Wim juga sedang menikmati pekerjaannya selaku blogger di 3GWeek.net. Sebuah blog yang fokus ke dunia cellphone dan sejenisnya. Salah satu prestasi terbesarnya sampai saat ini adalah menempatkan tulisannya yang berjudul “3G iPhone Review” berada di halaman pertama Google. Yeah, … jadi kalau teman-teman mau tanya soal WordPress atau dunia per-blogging-an. Monggo di pirsani. Saya sangat suka berbagi, khususnya dengan yang sama-sama punya cita-cita untuk menjadi CEO dan Profesional Blogger. Tapi kalau ngak juga nggak apa-apa kok. Yang penting kalau bisa dijawab kalau ga bisa serahkan ahlinya.

Slogannya:

“Talk is not likely that cheap, but show me your post first”

Dhanang Rah Wibowo

Ini dia desainer kami. Sebelum bergabung dan menjabat CDO (Chief Desaigner Officer) untuk Blog League dan ScholarsCamp, Mas Dhanag pernah menjadi free lancer di Jogja TV. Selain itu, dia juga sudah pernah mengeluarkan dua buku. Masing-masing tentang Photoshop. JIka ingin curhat tentang Photoshop gratis, silahkan kontak Mas Dhanang. Sebagai gantinya, satu atau dua gelas es teh manis di angkringan bolehlah sebagai gantinya.

Slogannya:

“I talk emotionally with my design”

Promosi:

Jika ada yang tertarik untuk menjadi VC (Venture capital) atau investor untuk [impian] produk kami, silahkan menghubungi lewat email (wimkhan @ gmail.com) . Sungguh, kami akan sangat menerima semua saran yang masuk dengan hati yang lapang dan pikiran yang tenang.

Sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terima kasih atas bug yang ada di detik.

Viva Indonesia!

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

2 thoughts on “Ada bug di situs Detik.com; kolusi dengan Sun Microsystem atau ….?”

  1. hmmm… ketipu ma judulnya… yg pinter promo bukan sun atau detik wim, tapi kamu pinter promosiin blog league, heuhehe… sukses deh😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s