Alhamdulillah 3GWeek mencetak rekor lagi!


3gweek record

Statistik 3GWeek minggu ini berdasarkan perhitungan sitemeter.com

Alhamdulillah wa syukurillah, setelah sekian lama rekor 3GWeek berada pada titik 1.976 visit dan 2.646 page view, akhirnya kemarin atau tepatnya 10 Juli 2008 rekor itu pecah. Ya, blog berbahasa inggris milik orang Indonesia ini (Budi Putra ) akhirnya mendapatkan pengunjung sebanyak 2036 dan page views sejumlah 2817. Allahuakbar!

Apa Penyebabnya?

Sama seperti rekor awal pada tanggal 11 Juni 2008 yag disebabkan oleh dahsyatnya pencarian netter akan kata kunci “3G iPhone review“, rekor kali ini pun demikian adanya. Perlu diketahui bahwa hari ini atau Jum’at, 11 Juli 2008 adalah hari 3G iPhone dijual untuk pertama kalinya di beberapa belahan dunia secara serentak.

Mungkin karena itulah, salah satu post di 3GWeek yang berjudul “3G iPhone Reveiw” mendapat Spike dari Google untuk kata kunci “3G iPhone review” atau “iPhone 3G review“. Untuk kata kunci pertama, 3GWeek menempatkan tulisannya di posisi pertama mengungguli blog-blog atau media besar lain seperti CNet, Gizmodo, maupun Engadget. Sementara untuk yang kata kunci yang kedua duduk di posisi kelima. Silahkan cek sendiri di Google untuk melihat perubahan dan perkembangan yang terjadi.

3gweek record2

Perbandingan statistik 3GWeek pada 11 Juni ’08 dengan 10 Juli 2008.

Hikmah yang bisa diambil

Sederhana saja, melihat apa yang sudah terjadi selama ini, saya yakin bahwa SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu hal yang sangat penting dalam dunia blogging, setelah kualitas dan frekuensi konten tentunya. Jika blog anda ingin mendapatkan traffic dalam jumlah yang besar maka sudah sepantasnya lah anda membuat tulisan yang bersifat “ramah SEO” atau “SEO-friendly “.

Kenapa demikian? Hal ini karena para pembaca setia anda bukanlah orang yang mau membaca sebuah konten yang sama berulang-ulang. Memangnya anda sendiri mau? Tentu tidak bukan? Harus ada orang lain selain pembaca setia anda untuk menaikkan tingkat lalu lintas kunjungan di blog anda. Dalam hal ini, calon pembaca terbanyak dan paling potensial adalah mereka yang menggunakan search engine, baik Google atau Yahoo!, untuk mencari sesuatu yang memang sedang ingin mereka baca atau ketahui.

Note:

Spike adalah istilah untuk menyebut suatu keadaan dimana satu tulisan menerima jumlah kunjungan yang fantastis – dibandingkan dengan tulisan – yang lain melalui mesin pencari.

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

14 thoughts on “Alhamdulillah 3GWeek mencetak rekor lagi!”

  1. @Jauhari, makasih ya mas. Dibandingkan sampean 3GWeek masih harus banyak belajar. khususnya terkait dengan link authority di technorati.

    I think you’re one of the indonesian golden blogger mas. Keep things simple and free!

    Absolutely.

  2. Yeah Mr. Amir, I just thought that I need to write about this yet another record again and again. 3312 page views and 2526 visits. Subhanallah.

    And thanks for the advice too….

  3. ya nih, problem besar buat blogger indo adalah “bahasa inggris”.
    susah klo mau bagus, perlu belajar banyak nih, tapi yang penting terus mencoba, iya gak mas wim?

  4. Jazakillah buat Aldo, ya memang baiknya bahasa inggris itu harus kita pelajari lagi. msekipun kita sudah tamat dari SMA. ha … ha … lebih2 buatku yang sudah beberapa kali disemprot oleh pembaca kami yang merupakan native speaker.

    Soal trik SEO. Terus terang do, selama ini yang paling bekerja paling baik untuk 3GWeek adalah dengan cara menuliskan judul yang paling mungkin bisa cocok dengan apa yang biasanya digunakan oleh para netter ketika hendak mencari suatu informasi.

    Sebagai contoh; judul post “3G iPhone review” itu ternyata lebih baik ketimbang judul yang lebih panjang macam “The Complete and ultimate 3G iPhone review”. Alasannya sederhana, semua karena para pengguna Google lebih mungkin mengetikkan query yang pertama ketimbang kedua.

    Gitu Do …..🙂

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s