Antara aku, blog, wordpress, dan rekaman black box Adam Air


Gara-Gara Rekaman Black Box Adam Air, sudah jelas dunia transportasi Indonesia jadi gonjang-ganjing. tapi tahukah anda bahwa bocornya Rekaman Black Box Adam Air ini ternyata membawa berkah bagi sebagian besar blogger wordpress di Indonesia.

Anda tidak percaya? Ini buktinya!

stat

Gambar di atas adalah traffic yang diterima blog ini akibat derasnya kunjungan dari Google Indonesia terhadap pencarian dengan kata kunci “Download rekaman blackbox adam air “.

Coba cek gambar ini juga.

stat2

Gambar di atas adalah detil statistik jumlah kunjungan yang masuk ke blog ini. Perbedaan antara post “Rekaman black box adam air” dengan tulisan-tulisanku yang lain ternyata memang sangat jauh.

Blogger WordPress lain

He .. he … he … saya rasa tidak jauh beda. Untuk mengamati popularitas kasus ini di WordPress.com, anda bisa cek langsung ke “Best Of The Day” WordPress versi Bahasa Indonesia. Di situ bisa kita lihat, beberapa tulisan dalam 100 post terpopuler adalah post yang terkait dengan rekaman Adam Air.

Analisis Sosial Media

Oke, yang tadi itu mungkin adalah pengantar untuk inti tulisan saya kali ini. Sebenarnya ada sebuah hal yang membuat saya jadi terkesima dengan fenomena ini.

Saya punya pertanyaan nih. Jika saja kecelakaan Adam Air ini terjadi di era 1990an dan bocornya rekaman Adam Air ini juga terjadi di tahun-tahun yang sama, apakah anda kira kasus ini akan seheboh sekarang? Hmm, selamat untuk yang menjawab “tidak” karena anda sependapat dengan saya. Tapi jika anda punya jawaban yang lain, silahkan gunakan kotak komentar di bawah.

Kenapa tidak?

Untuk mencapai titik “heboh“, apalagi sampai berskala nasional, sebuah kasus harus tersebar sedemikian rupa ke seantero nusantara. Dahulu, anggap saja sekarang kita berada di era 1990an, kasus-kasus seperti ini paling mungkin akan tersebar dengan cepat melalui surat kabar, majalah, radio maupun TV.

Tapi sayangnya, mungkin karena banyaknya aturan dan kode etik yang meliputi media-media tersebut, inti kasus ini sendiri, yakni rekaman black box Adam Air itu sendiri mungkin tidak akan ikut-ikutan bisa tersebar dengan luas ke seluruh masyarakat. Saya rasa akan ada banyak sekali alasan yang digunakan oleh para pemimpin redaksi suatu media sebelum berani memasukkan konten yang abu-abu seperti ini ke dalam institusi yang menjadi tanggung jawabnya.

Blog, dari media anak bawang menuju masa depan gemilang

Kalau anda masih bingung dengan alasan-alasan yang mungkin akan digunakan oleh Pimpinan Redaksi suatu media terkait kasus ini, mungkin sebaiknya anda simak daftar alasan ini. He .. he .. he …

  1. Ga etis ah sama masyarakat, khususnya korban
  2. Rekaman ini kan masih abu-abu, nanti kalau palsu yang malu kan kita sendiri
  3. Ah itu cuma rekayasa, masa kita mau-maunya memasukkan itu ke tempat kita. Apa kata dunia?
  4. Melanggar kode etik jurnalistik tuh …
  5. Takut kena UU penyiaran

Itulah dugaan saya. tapi terus terang saja itu dulu. Sekarang beda! Berkat internet, blog dan browser yang mendukung implementasi multimedia (teks, gambar, suara, dan video), para pencari informasi tidak hanya akan mendapatkan informasi yang dia cari, tapi juga bisa menjadi penyebar informasi dengan dampak yang luas serta mematikan.

Saya sendiri bisa jadi contoh nyata dalam hal ini. Ketika ada isu seputar rekaman blackbox Adam Air. Saya langsung aja googling dengan kata kunci seadanya. Hasilnya, dengan cepat saya bisa langsung menemukannya di salah satu blog WordPress. Nah, karena saya tertarik untuk menyebarkannya (terus terang saya anggap rekaman ini justru lebih asli ketimbang versi lain yang dimuat di Kompas) maka langsung saja saya membuat post dengan judul yang terbilang cantik untuk ukuran SEO-er, “Rekaman black box adam air“. Hasilnya, fantastis!

Saya berharap apa yang saya published di blog ini bisa bermanfaat. Sungguh, tidak ada maksud untuk menambah beban keluarga korban atau sejenisnya. Alih-alih berpikir ke situ, saya justru ingin mengajak semua pihak untuk mengambil makna, hikmah dan hakikat dari kasus ini.

Hkmahnya jelas bagi saya:

Jangan remehkan standar keselamatan dalam berkendara, apapun itu bentuknya! Kalau anda naik motor ya pakailah helm, patuhi rembu2 jalan, plus jangan ngebut. Anda naik kereta? Ya usahakanlah beli tiket terus duduk di kursi yang disediakan. Jangan duduk di atas tahu!

Sampai untuk saya sendiri yang seorang biker sepeda onthel di Jogjakarta. Meskipun tidak menuruti lampu merah itu tidak apa-apa, alangkah baiknya jika saya juga patuh pada rambu2 itu. Ingat, kalau sudah di jalan, bukan hanya kita yang ingin selamat, orang lain juga. iya kan?

Ah, betapa dahsyatnya blog

Nah demikianlah cerita-cerita saya seputar kasus ini. Semoga saja cerita ini bisa membangkitkan semangat anda untuk rajin nge-blog. Ingat, luruskanlah niat anda dalam nge-blog maka blog yang sifatnya gratisan ini bukan tidak mungkin akan menjadi ladang amal anda sebagai tabungan yang akan dibuka kelak di akhirat. Amin ya robbal ‘alamin.

Note:

Penulis adalah lulusan S1 Ilmu Komputer UGM yang sangat tertarik dengan dunia sosial media dan seputarnya. Semasa kuliah, penulis bahkan lebih memilih untuk meneliti kaitan antara WordPress (blogging platform yang saya pakai saat ini) dengan e-learning tinimbang membuat program dengan Delphi, Java, C++, C# atau sejenisnya. Maklum, selain memang tidak bisa programming, penulis merasa jenuh melihat bertumpuknya topik yang sama di ruang arsip skripsi ki kampusnya. Gila, teman-temanku kebanyakan pada pakai koding semua. Ha … ha .. ha..

Lihat dan baca CV saya jika tertarik untuk berkenalan dan diskusi seputar sosial media.

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

2 thoughts on “Antara aku, blog, wordpress, dan rekaman black box Adam Air”

  1. rekamannya mana… aku mpe nangis dengernya dari tv… takutttt… tapi temenku seorang ikhwan bilang “kamu ga tau kan kalo misal di pesawat itu emang sebagian besar dah pada siap buat meninggal saat itu juga”
    aku jadi bingung temenku jawab itu…
    daripada aku bingung dengan jawaban temenku itu, ya aku bagi2 kebingungan disini khe khe khe khe.. jadi ntar judulnya “Antara aku, blog, wordpress, rekaman black box Adam Air, dan temennya awik yang bikin bingung”

Tinggalkan Balasan

