Personal Branding


Steve Jobs: technopreneur meet design enthusiast!

Zaman sekarang sudah ada makna baru dari singkatan PDB. Apa itu? PDB bukan lagi Produk Domestik Bruto, melainkan Positioning-Differentiation-Branding. Makna baru ini aku dapat dari sang eyang marketing Indonesia dan Dunia, Hermawan Kartajaya. 

Nah yang menarik, ternyata PDB ini tidak hanya berguna dan bersemayam dalam jiwa produk-produk komersial, sebuah negara, atau perusahaan saja. Tetapi juga turut hidup dalam keniscayaan kita sebagai sesosok individu. Istilah kerennya; Personal Branding gitu. Secara teori, saya sendiri sebenarya percaya bahwa keberadaan individual PDB atau personal branding ini terjadi karena sifat sosial manusia. Inget ga dengan pelajaran sejarah atau sosiologi di SMA dulu; bahwa manusia adalah makhluk sosial yang berarti bahwa tanpa manusia lain kita sebenarnya tidak bisa hidup.

Masih ga percaya dengan diktum tadi? Coba bayangin Adam tanpa Hawa atau yang paling deket aja deh, Kamu tanpa Bapak-Ibumu. Iya ga? Bener kan. itu dari segi biologis, belum kalau ditilik dari sisi lain seperti ekonomi, olahraga, spiritual, politik dan pemerintahan. Manusia memang sulit melepaskan dirinya dari sesamanya.

So what’s the point anyway?

Terkait dengan personal branding, saya akan sedikit menyimpulkan bahwa pesonal branding juga berarti bagaimana ANDA di mata orang lain atau SESAMA manusia. Kalau mau contoh konkrit sih gampang banget. Coba perhatikan deretan nama ini dan ARTI langsung mereka bagi saya, Wim Permana.

1. Muhammad SAW : Rasulullah, manusia teladan manusia, dunia dan akhirat 

2. Umar bin Khatab : Khalifah yang jago dalam perang dan jenius dalam hal administrasi negara 

3. Ali bin Abi thalib : Professor ilmu-ilmu Islam setelah Rasulullah

4. Usman bin Affan : Kaya nan dermawan (ini cita-citaku juga)

5. Hermawan Kartajaya : Marketer

6. John Chow : Make money blogger

7. Tonie Agusman : Programmer Delphi

8. M Fuad D.R. : Geek

9. Awik : moslem entrepreneur of ikhwanul muslimin

10. Wim Permana : moslem entrepreneur, social media enthusiast, writer, blogger, and …….. a poet!

10. YOU : ……………

Nah sekarang sudah pada tahu kan apa makna personal branding. Kalau sudah, lalu kenapa anda tidak menulis hal yang sama dengan saya. Coba buatlah atau deskripsikan diri anda secara singkat kepada saya, mereka, dan dunia pada umumnya. Buatlah kami mengenalmu. Buatlah mereka cepat mengasosiasikan anda dengan sesuatu.

But how?

Mudah sekali caranya. Jika anda ingin dikenal oleh orang se-Rt, cukuplah dengan menjadi ketua panitia acara 17-an atau pemenang lomba panjat pinang. Tapi jika anda ingin dikenal oleh orang se-Indonesia, cobalah dan mulailah untuk nge-blog sekarang juga lalu isilah blog tersebut dengan satu topik yang paling anda sukai. 

What about go international?

That’s also easy. nge-blog lah tapi dengan bahasa inggris. Biar yang di Afrika tau, Asia ngerti, Eropa paham, dan Australia nyambung. Let’s go blog. Ayo kita nge-blog.

Indonesia nge-Blog 2020

Di tahun 2020, semua rumah dan keluarga Indonesia harus diwakili oleh satu blog.

Tapi inget, ga perlu ngambil uang APBD or APBN, cukup daftar di wordpress.com aja. Mereka bakal seneng kalau ratusan juta orang Indonesia punya blog. Percaya ga?

image by: http://www.telegraph.co.uk/telegraph/multimedia/archive/01010/steve-jobs_1010383c.jpg

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s