Tutorial WordPress: cara meng-upload file excel ke blog


Tutorial WordPress: cara meng-upload file excel ke blog

oleh
Wim Permana, S.Kom
https://wimkhan.wordpress.com

Bagaimana cara meng-upload file excel (atau format lainnya) ke blog yang menggunakan WordPress versi 2.7? Caranya ternyata mudah (setidaknya bagi saya). Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan bagaimana caranya meng-upload berkas excel (.xls) dengan nama “Laporan keuangan.xls” ke dalam salah satu tulisan (post) di blog saya. Nantinya, para pengunjung atau pembaca blog saya bisa mengunduh (download) berkas ini hanya dengan dua kali klik melalui browsernya (Internet Explorer, Opera, atau Firefox). Anda siap? Here we go ……………….

Catatan: gambar-gambar pendukung bisa di download di sini.

1. Kunjungi atau buka halaman login blog wordpress anda

Caranya mudah, ketik alamat atau url blog wordpress anda pada address bar browser yang anda gunakan lalu tambahkan string berikut:

/wp-admin

Sebagai contoh, untuk masuk ke dalam blog ini, saya akan menuliskan URL berikut ke dalam address bar browser yang saya gunakan (lihat gambar 1):

https://wimkhan.wordpress.com/wp-admin

2. Masuk ke halaman administrator atau wordpress dashboard blog anda

Setelah sampai di halaman login, masukkan username dan password akun anda di wordpress. Lihat gambar 2.

3. Akses Menu Media < Add New

Jika sudah masuk ke dalam dashboard wordpress anda, anda akan melihat panel yang terletak pada sisi kiri (gambar 3.1). Di bagian ini terdapat menu-menu yang bisa anda gunakan untuk mengatur hampir semua kebutuhan anda dalam ngeblog.

Untuk keperluan meng-upload file excel – atau file berekstensi lainnya – silahkan klik menu Media (gambar 3.2). Di dalam panel inilah berkas-berkas non-HTML seperti PNG, JPEG, DOC, PDF, XLS, dsb., yang digunakan dalam blog anda diatur.

Kemudian lanjutkan dengan mengakses (klik) submenu Add New yang terletak di bawah menu Media. Di dalam submenu ini terdapat antarmuka (interface) yang akan membantu anda untuk memindahkan berkas dari hardrive komputer anda ke server empat anda meletakkan/menginstall blog wordpress anda (gambar 3.3).

4. Pilih berkas excel yang akan di upload

Untuk mencari berkas yang akan anda upload. Tekan tombol Choose … (gambar 4.1) Anda akan melihat jendela baru muncul (gambar 4.2). Jendela ini akan anda gunakan untuk menemukan letak berkas yang ingin anda upload. Dalam kasus ini, saya akan menggunakannya untuk menemukan lokasi berkas “Laporan keuangan.xls” yang ingin saya upload (gambar 4.3). Jika sudah menemukannya, tekanlah tombol Open yang terletak di ujung kanan bawah jendela ini (gambar 4.4).

Setelah tombol Open ditekan, maka jendela ini pun akan hilang. Ini menandakan bahwa WordPress sudah mengetahui lokasi berkas yang akan anda upload. Jika demikian, lalu tunggu apalagi, coba anda tekan tombol Upload (gambar 4.5) yang terletak di samping tombol Choose…

5. Periksa apakah proses upload berhasil

Oke, proses upload sudah selesai. Berkas “Laporan keuangan.xls” sekarang seharusnya sudah berada di dalam server tempat anda meletakkan blog WordPress anda di internet. Untuk melihat apakah berkas ini benar-benar sudah terupload dengan benar kita bisa memeriksanya di subpanel Library dalam panel Media (gambar 5). Jika anda tidak menemukannya di subpanel ini, itu berarti telah terjadi kegagalan dalam proses upload. Kalau memang ini yang terjadi, silahkan mengulangi tahapan sebelumnya. Tapi jika sukses, selamat anda sudah berhasil.

Tutoral WordPress kali ini menggunakan berkas laporan keuangan.xls sebagai contoh kasus. Sebenarnya, anda juga bisa menerapkannya untuk berkas-berkas berformat lain seperti *.DOC, *.PDF, *.PPT, dsb. Caranya sama persis.

Sehabis mempraktikan tutorial ini anda mungkin langsung bertanya, “lha terus bagaimana cara memasukkan berkas yang sudah kita upload ini ke dalam tulisan (post) kita?” Jangan khawatir, saya juga sudah membuatkan tutorialnya untuk anda. Silahkan baca di sini.

Download Tutorial beserta gambar dalam bentuk .ZIP

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

43 thoughts on “Tutorial WordPress: cara meng-upload file excel ke blog”

  1. makasih infonya, tp waktu saya mau cari Download Tutorial beserta gambar dalam bentuk .ZIP kok gak da an makasih soale aq kesulitan masukin data siswa

  2. assalamu’alaikum mas wim…
    masih ingat saya tidak?
    saya niko yang dulu anda ajari bahasa inggris..

    btw sekarang sedang ngapain mas? masih di jogja?

  3. mas gimana cara upload file pdf ke blog pake wordpress.aq dah nyoba step pnya mas filenya dah masuk,trus caranya nampil di situsnya/dashboardnya agar bisa dibaca or didonlot langsung gmn mas caranya???
    bantuin ya
    please

  4. saya masih baru sebagai pengguna WP. ketika saya mengikuti petunjuk dari anda soal dokumen excel..di tampilan dasbord saya (add media) kok tidak muncul kode xlsnya ya..

    mohon petunjuknya..thank u

    1. wah, kalau ngeblognya pake wordpress.com kayanya emang ga bisa. tapi kalau yang pake host sendiri harusnya langsung ke panel plugin saja. di situ biasanya sudah ada panduannya sendiri menggunakan tombol2 yang disediakan.

  5. pak, saya sudah coba ikuti tutorial spt yg diatas.
    tpi koq aneh yah pak. file yg bisa diupload di wp saya koq cuma yg bertype
    jpeg, doc, pdf saja??
    file xls gak muncul dia.

    knp bisa begitu pak??

    tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s