46 thoughts on “Facebook Haram?”

  1. setuju jika disesuaikan dengan kondisi dan penyalahgunaan sebagaimana yang tersebut diatas….

    karena, sebagaimana kita ketahui hukum sesuatu masalah pada asalnya adalah mubah,

    bagaimana hukum tersebut menjadi makruh, halal, atau haram tergantung pada perkembangannya, apakah lebih kepada kemudharatannya atau manfaatnya. Bukan begitu,

    Jika mau diharamkan, maka TV adalah media yang paling utama diharamkan karena lebih banyak tampilan yang diharamkan

    1. FACEBOOK ITU WAJIB BAGI ANAK MUDA. YANG HARAM? HARAMIN AJA OTAK DAN HATI NURANI KITA. KALO HATI NURANI LO BERKATA LO MAU BUKA SITUS PORNO. LO YANG SALAH.

  2. ass.wr.wb
    hukum halal dan haram setahu saya bertalian erat dengan fikih. fikih sendiri ada fikih ibadah (hubungan vertikal dengan al khaliq) dan fikih muamalah (hubungan horizontal sesama mahluk). kedua fikih tersebut hukum asalnya berbeda. fikih ibadah hukum asalnya adalah segala sesuatu dilarang kecuali ada alasan yang sah ( darurat, terpaksa dll) untuk “melanggarnya” seperti sholat harus sesuai dengan tatacaranya, kecuali yang sedang sakit…fikih muamalah hukum asalnya bahwa segala sesuatu diperbolehkan, kecuali ada yang melarangnya…..berkaitan dengan fesbuk, begitu saya menyebutnya perlu dilihat manfaat dan mudlaratnya bagi pengguna…..dan tentunya hukumnya juga bagi pengguna ybs….boleh boleh saja para alim ulama berpandangan sesuai dengan visinya…..tapi mohon maaf jangan asal memberikan penilaian terhadap sesuatu yang belum jelas pengaruh negatifnya….wassalam

  3. Soal halal-haram facebook menurut saya berpulang pada penggunanya masing2. Tergantung niat dan tujuan orang ber-facebook-ria. Saya sendiri kurang begitu suka pada facebook lantaran kita tak dilatih menalar pikiran secara logis. Hanya berhaha-hihi saja….

  4. Jika kita melihat berbagai alasan yang dikemukakan pasti akan banyak menimbulkan tanggapan – tanggapan atau fatwa – fatwa yang berbagai juga. Sehingga menimbulkan polemik “Kebingungan” bagi para user atau pengguna layanan.

    Banyak sebenarnya kalo kita mau melihat lebih luas hal – hal yang menimbulkan fatwa – fatwa seperti ini. contohnya: Handphone. Coba pelajari lebih dalam bagi yang mengemukakan sesuatu fatwa.

    Sekarang mah kembali z ke diri kita masing – masing untuk menyikapi sesuatu karena toh akhirnya manusia tidak begitu bersih dari dosa. Bener gak? Setiap hal yang terjadi pasti ada positif dan negatif. N tau gak semua hal klo disangkut pautkan dengan agama pasti akan muncul kayak gini lagi. Coba deh jangan bikin yang aneh – aneh.

    Terima kasih telah mengingatkan kami yang artinya sangat peduli dengan kami. kami hargai banget itu semua. tapi kita harus selalu menyaring manfaat bukan mengungkap setiap kesalahan . kayak gosip z he….. yang digosok makin siip….. atu kayaknya da yang mau numpang tenar ne. cari – cari perhatian di kala pemilu….. islam bukan politik tapi islam itu agama. jadi sifatnya flexible. Mau nyoreng agama kamu sendiri???? Aneh…..

    Kami bebas bukan berarti tanpa tanggung jawab. kami bebas untuk belajar. kami butuh peraturan tapi bukan diktator.

    thanks all…. klo da papa kirim ke email saya z y…..🙂

  5. Hadlarah dan Madaniyah

    Hadlarah merupakan sekumpulan persepsi tentang kehidupan. Sedangkan madaniyah adalah bentuk-bentuk fisik (benda) yang digunakan dalam aktivitas kehidupan.

    Hadlarah selalu bersifat khusus sesuai dengan pandangan hidup (sekelompok masyarakat tertentu-pen). Jadi hadlarah Islam berbeda dengan hadlarah Barat, berbeda pula dengan hadlarah komunis. Masing-masing hadlarah memiliki pandangan hidup khusus (yang spesifik) dan saling berlainan satu dengan yang lainnya.

    Oleh karena itu kaum Muslim tidak dibolehkan mengambil sesuatu yang berasal dari hadlarah Barat (misalnya demokrasi, liberalisme, sekulerisme dll) atau sesuatu yang berasal dari hadlarah komunis (misal:materialisme) . Sebab, kedua hadlarah ini bertentangan dengan Islam.

    Sedangkan madaniyah ada yang merupakan hasil dari hadlarah, seperti bentuk gambar (lukisan) dan patung atau sesuatu yang memiliki ruh. Perkara semacam ini bersifat khusus dan tidak bisa diambil, karena hadlarah Islam mengharamkan pembuatan maupun menyimpan patung. Islam mengharamkan melukis setiap gambar yang memiliki ruh, sedangkan hadlarah Barat dan komunis membolehkannya.

    Madaniah merupakan hasil dari kemajuan ilmu dan perkembangan sains dan teknologi, kemajuan dibidang industri, seperti alat-alat transportasi (pesawat terbang, kapal laut, mobil), atau seperti alat-alat produksi (di bidang pertanian, industri) maupun peralatan militer canggih. Termasuk sesuatu yang dihasilkan oleh akal manusia, adalah penemuan-penemuan baru sebagai produk kemajuan di bidang sains dan industri, misalnya komputer dan lain-lain. Seluruh hasil teknologi itu bersifat universal (umum). Ia menjadi milik seluruh dunia, tidak bersifat khusus (milik satu bangsa atau umat tertentu, atau dihasilkan oleh agama dan peradaban tertentu). Ia menjadi milik seluruh umat manusia, karena tidak ada kaitannya dengan hadlarah dan tidak menyangkut pandangan hidup tertentu. Maka dibolehkan mengambilnya, sebab tidak bertentangan dengan hukum-hukum Islam, bahkan mengambilnya merupakan fardlu kifayah (http://hizbut-tahrir.or.id/category/analisis/).

    Jawabanya anda simpulkan sendiri ya .. he..

  6. itu cuma orang2 yang salah mengartikan ajaran agama aja. klo otak ga nyampe ga usa jadi ulama deh! segala facebook diharamin, malu2in aja.. ketauan ga bisa ngolah info di otak.

  7. kenapa INFOTAINMENT yang jelas-jelas mengunjing orang lain “BELUM” di HARAMKAN…. Padahal sudah ada larangan yang jelas…””JANGANLAH KAMU MENGGUNJING SESAMAMU, APALAGI DIA ADALAH SEORANG MUSLIM””

  8. FB it sm jg alkohol yg memabukn, ,jika sesuatu it lbh byk mudharatnya dr pd manfaatnya lbh baik dharamkn,sprt halnya alkohol.qt sbg umat islam punya pemimpin jd sgl sesuatu qt serahkn pd pemimpin ato imam qt.diharamkn ato tdk saya setuju aj,namun sy sgt kecewa dgn para pengguna fb sendr,mengomentari sesuatu kok dgn arogan membabi buta sprt it,kyk anak kecil.
    Koropsi,perzinaan dsby yg nyata memang meraja lelah n sudah jelas hukumnya serta sudah berbagai mcm cr untk menghapusnya,nmun mgkn mmg blm 100% trlaks

    1. itu sdh jd tanggung jwb masing2 pak!..urus diri sndri aja dl..

      para pengguna FB yg mnrut bpk mbabi buta/dosa/haram..itu sdh jd urusan Allah SWT..jgn mcampuri urusan org..itu lebih dosa n Allah SWT tdk sk sama org yg mcampuri urusan org..

  9. Kalo diperhatikan baik2, fatwa2 tersebut bertujuan untuk membuat umat menjadi bodoh. Kenapa?
    Karena ulama2 tersebut ingin melanggengkan kekuasaannya dan ingin dihormati dan dipuja-puja sebagai wakil Allah di dunia.
    Coba lihat contohnya taliban yang melarang anak-anak perempuan untuk bersekolah. Mereka ingin umat tetap bodoh sehingga mereka dapat bertindak seenak udelnya sendiri.

  10. Haram atau halal, bagiku lebih baik nggak usah facebook- facebookan ah . Terlepas dari manfaat atau mudharatnya , ’siapa’ sih sebenarnya pencipta facebook yang mendadak kaya raya karena larisnya facebook ini?
    Mark Zuckerberg, (born May 14, 1984) is an American computer programmer and entrepreneur…etc.Zuckerberg was raised in Dobbs Ferry, New York, by his Jewish parents, Edward and Karen Zuckerberg…etc
    jewish = yahudi = israel
    Jadi, facebook 100% produk orang yahudi.
    profil aku copast dari:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg

    1. @starlight21, kalau begitu kamu juga tidak boleh memakai prosesor intel, google, dan semua web app yang dibuat dengan PHP.

      Rasulullah aja bermuamalah sama Yahudi kok. Gimana nih?

    2. @starlight21 kamu juga gak boleh make microsoft word (kalo kamu memang konsekuen dan gak plin plan kaya Tiffatul Sembiring dan partai Islamnya seharusnya mau buat tugas kuliah pakai mesin tik), open office, windows, linux, gak boleh internetan.

      Kenapa ya saudara2ku umat muslim tidak pakai logika dan konsekuen dengan ucapannya

  11. Facebook itu sama saja seperti rumah. Sebagai sebuah rumah, penghuninya bisa punya macam-macam karakter. Ada yang soleh, ada yang jahil.

    Tidak bisa mengatakan sebuah rumah atau alat sebagai haram hanya karena digunakan secara salah.

    Analogi yang sama berlaku juga untuk misalnya kain sarung. Kalau sering dipakai ketika beraksi oleh kaum maling, apakah semua kain sarung jadi haram?

    Pisau: Kalau pisau digunakan oleh seseorang untuk menggorok leher istrinya, apakah semua pisau jadi haram?

    Internet menurutku hanyalah alat/wadah, marilah kita warnai internet dengan segala sesuatu yang baik, sama seperti dunia ini adalah tempat kita berkumpul. Jika banyak orang korupsi dan zinah di dalam dunia bukan berarti hidup di dunia harus dinyatakan haram kan? Mari berlomba beramal didalam dunia dan di internet.

    1. Nah kalo kubaca semua komentar kok koment kamu yang paling pas, dalam artian pas dalam segala jurusan……..
      Oke dech aku setuju dengan pndanganmu…
      Salam kenal ya Tirk..

  12. kalau facebook haram,,, saya setuju tidak setuju.. coz, kalau haram berdasarkan penggunaannya, bisa saja kan, SMS atau telpon juga bisa dikategorikan sebagai hal yang haram…..

  13. Facebook Haram???

    Dasar KOLOT..!!!!

    Apapun diharamin, Ngerokok haram, Lagu 2 yang berbau selingkuh juga diharamin,..
    Ntar lama-lama Bernapas Juga HAram?
    Mati aja loe, Pergi aja ke lauT..!!!

    nah, Kiyai aja masih doyan Cabul..!!
    Apa itu Gak HARAM???

    Yang Bikin Haram itu orang2nya.. yang menganggap segala hal selalu Haram.. Jangan selalu mengklaim sesuatu itu HARAm, kalo gak tau apa itu HARAM..!!!

    knapa gak sekalian aja INTERNET Itu dibikin HARAM..!!

    jadi kita gak perlu lagi tahu apa apa tentang dunia..!!

    DASAR KOLOT….!!!

    Nih, kalo ngomong kotor HARAM Gak???

    dasar orang2 Gunung Sinai,, Orang Gowa..!!! Kolot..!!!
    Kampang, Buang aja Otak Loe, Ga usah Dipakek, Gak ada gunanya..!!!!

    1. hahahaha..iya nie,,ulama2 payah

      gmn indonesia mau maju..

      ulama aja byk yg poligami,kawin dbwah sama yg umur..

      malu2in agama sndr..FPI aplg,bikin malu dunia ISLAM!!!!

      ampun deh ulama2,,dmn pola pikir anda..

  14. Haram…..?????
    mengandung daging babi kali ya…??????

    tapi itu lebih baikkk…………..
    daripada………………………..
    ………………….mereka yang otaknya selevel dengan babi……………………

  15. HAram laGe???”
    semua2nya haram…..kemaren MISS INDONESIA jugak dibilang HARAM….egh sekarang FACEBOOK jugak…
    apa apaan ene?”
    nggak ad yg lain apa” yg perlu dibahas selain HARAM NGGAKNYA FACEBOOK?”
    masi banyak org miskin yg perlu dibahas ditolong didenger!!!
    …nih malah sibuk ngurusin soal FACEBOOK…
    FACEBOOK ngak salah yg salah tuh yg makek…
    jangan jangan ada dari kita yang lempar tangan sembunyi batu
    ato…
    maling teriak maLeeennggg….”
    huft….bener tuh kata TONI…..
    KOLOT amat sigh….
    selagi kitanya ngak macem2 itu ngakpapa and ngak HARAM…
    emang ada ajaran agama yang bilang “BUKA FACEBOOK ITU DOSA” >>>???
    ngak kan?????”

    huft….
    gra2 masalah gnak penting ini
    orang jepang pada bilang CA PE DE

  16. Dasaar orang yang ga waras yg bilang facebook haram….
    sebener nya apa si tu haram???? apa2 haram…. tu orang2 mau
    memecah belah kita orang indonesia… klo begini jd anda yg protes…
    abis tu berantem dech…. buat pemerintah coba teliti dengan baik
    apakah facebook tu haram… trs wat orang atau organisasi yang bilang tu haram bukti in dunks…. jgn melatar belakangi suatu agama
    dech,,,,, tercantum di al qur’an ga klo faceboook tu haram…
    tu orang kolot……………………… jgn suka asal klo mau bikin aturan HARAM…………. aturan buka untuk bikin memecah belah indonesia…
    DSAr KOLOT

  17. hmm saya setuju dengan pendapat di atas.. haram ato tidak tergantung digunakan nya untuk apa..

    btw.. kayak ga ada kerjaan laen aja koq pake haram2in FB.. dasar ga sekulah..

  18. namanya udah satu rumah….,jika satu rumah udah ada yang berbau maksiat maka lainya juga kena ,seperti contoh 1 rumah melakukan maksiat pasti 40 rumah disekitarnya juga akan kena dosa. renungin aja yaaaaaaaaaaaaa. Hanya ALLAH yang tau Haram dan tidaknya facebookk

  19. Setuju haram.

    Karena ternyata orang jadi kecanduan FB, FS, dkk. Itu semua membuatnya menjadi semakin jauh dari hubungan vertikal dgn Al Khaliq.

    Kalau Anda lebih menghabiskan banyak waktu (unlimited?) bergaul di dunia maya, berarti ada waktu lain yang telah dikorbankan untuk ini. Umumnya, waktu yang biasanya disediakan untuk keintiman dengan Tuhan jadi dikurangi (padahal kiamat sudah dekat).

    Facebook, Friendster, dkk ini lagi-lagi seperti ulah Dajjal/Antikris, bertujuan menjauhkan manusia dari Tuhan di akhir zaman….

    Rupanya berhasil?

  20. Tergantung cara pemakaiannya.. Seharusnya yang di haramkan bukan facebooknya, facebook adalah sarana untuk berkomunikasi. Yg sebaiknya di haramkan adalah pengguna yang menggunakan facebook di luar hal yang semestinya. Jangan menyalahkan teknologi, tapi salahkanlah mental yg menggunakannya.. Lewat surat menyurat kantor pos pun bisa untuk hal2 yang berbau pornografi, jadi itu tergantung mental.

    “Jadi jgn seenaknya mengharamkan sesuatu.. Yang berhak mengharamkan tu Allah Yang Maha Kuasa, manusia sekarang sering mengharamkan sesuatu dan berlagak sebagai Allah dalam kehidupan.”

    Kalian tidak berhak mengharamkan sesuatu tanpa berfikir apa yg menjadi dasar penyimpangan itu.

  21. Haram atau tidak,itu tergantung dr pemakaian seseorang…
    ada yang positif ada yang negatif…dan menurut saya,kalau untuk hal2 yang positif,it’s ok..itu tdk bisa dibilang haram karena disitu ada banyak sekali hal baik yang akan kita dapatkan,,dan kalaupun facebook digunakan untuk hal2 negatif seharusnya pihak yang mengeluarkan Facebook ini bisa memberikan Banned buat pihak tersebut…
    Facebook Haram…? I don’t agree about that…

    Thx..

  22. Haramnya karena peranan pesan politis yang disampaikan oleh pemegang kunci kekuasaan yang semakin tidak relevan untuk bisa diikuti, dan facebook mampu mengalahkan pangsa pasar Televisi yang tayangan sangat tidak bermutu Ini ada dan lebih cenderung banyak mengarahkan kearah negatif dibanding positifnya….
    Facebook Haram …!! ya sudah lah toh yang mengharamkan juga lebih halal darahnya ..

  23. YAAAAAAAAAAAAA,,,,,
    setuju2 aja lah ,,,daku udah pakai fb 3 tahunan lebih lah,,,dari situ gan dapet info2 keberadaan temen 2 lama….
    kan meningkatkan silaturahmi gan,,,

  24. facebook haram. PREK. facebook itu adalah teknologi, dan kalo teknologi itu di salah gunakan itu bukan karena teknologi tapi karena manusianya. contohnya pistol, pistol banyak di gunakan untuk membunuh tapi kenapa tidak diharamkan? ulama yang berpikiran untuk mengharamkan sebuah teknologi adalah ULAMA YANG GOBLOK. dan lagi pula mengharamkan facebook juga menyakiti pemiliknya yaitu Mark Zuckerburg. Coba bayangkan kalo kalian punya social networking seperti facebook tapi user situs kalian menyalah gunakan sehingga di anggap haram oleh ulama padahal kalian tidak berbuat apapun, Kalo aq jadi mark zuckerberg SUMPAH udah aq tonjok ULAMA itu.

  25. HAram itu ketika hal itu sudah merusak diri kita sendiri jadi kalo kelamaan main FB sampai tenga malam dan tidak menjaga kesehatan gara-gara FB itu juga akan membuat FB jadi haram …..salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s