12 trik untuk mendongkrak posisi blog anda di Google


winner

Tulisan ini adalah perbaikan dan penambahan dari salah satu tulisan terpopuler di blog ini, “Bagaimana cara meletakkan blog anda di posisi nomor satu (1) Google?“. Dulu cuma ada empat poin, sekarang sudah bertambah menjadi 12 poin. Beberapa diantaranya adalah sumbang saran dari komentator-komentator yang mumpuni. Selamat menikmati dan membuktikan.

1. Rajin nge-blog

Blog yang rajin di-update oleh pemiliknya biasanya lebih disenangi oleh Google. Selain itu, para pengunjung pun biasanya akan lebih respek kepada blogger yang lebih sering memperbarui blognya ketimbang kepada mereka yang tidak. Ya mungkin, kecuali kalau anda adalah seorang Paul Graham.

NB:

Paul Graham tidak terlalu sering meng-update situsnya dengan esai-esai terbaru karena esai tersebut harus melalui serangkaian pemeriksaan oleh teman-temannya yang kompetensinya sesuai dengan topik tulisannya. Hehehe, anda tidak seperti dia bukan?

2. Sering-sering memberi komentar di blog lain

Semakin banyak komentar dari kamu yang tersebar di blog lain – apalagi kalau komentarnya bermutu tinggi – insyaallah orang akan jadi peduli dengan kamu. Ingat, di dunia maya orang lain tidak bisa melihat wajahmu, jadi mereka memusatkan perhatiannya pada kemampuanmu. Dan dalam dunia perbloggingan, kualitas post dan komentar adalah yang utama. Setuju gak nih?

3. Isi blog dengan tema tulisan yang spesifik

Blog yang diisi dengan tulisan-tulisan dengan tema/topik sejenis secara otomatis akan mendapat posisi yang lebih bagus di Google. Hal ini bisa terjadi karena salah satu parameter pemeringkatan yang digunakan oleh Google adalah “keyword density” alias “kepadatan kata”.

Singkat cerita, tulisan mengenai tips ngeblog di blog yang berisi kumpulan tulisan seputar tips ngeblog biasanya akan lebih tinggi dibandingkan tulisan serupa di blog yang isinya tidak hanya berisi tulisan seputar tips ngeblog.

4. Gunakan judul tulisan yang paling mungkin digunakan untuk melakukan pencarian

Saya pernah membuktikan poin ini waktu masih menjadi blogger di 3gweek.net. Ketika itu, tulisan saya yang berjudul “iPhone 3G Review” menduduki posisi 1 di Google. Salah satu penyebabnya sangat jelas, para pencari di Google tampaknya akan mengetikkan kata “iPhone 3G Review” di Google untuk melakukan pencarian ulasan terhadap iPhone 3G.

5. Keyword density

Dalam satu tulisan/post, cobalah untuk memperbanyak kata kunci di dalam tulisan tersebut. Contoh, jika anda ingin menulis seputar haramnya facebook, maka perbanyaklah kata-kata “facebook” dan “haram” tersebut dalam tulisan anda.

6. Submit ke direktori

Cara keenam ini cocok untuk mereka yang paranoid dan tidak terlalu percaya akan kehebatan robot/crawler milik Google dan konco-konconya. Saya sih belum pernah melakukannya, tapi sebentar lagi mungkin akan segera saya kerjakan karena ada Makelar Review seperti Sponsored Review yang menggunakan parameter ini untuk melihat layak-tidaknya sebuah blog untuk dimasukkan ke dalam bisnis mereka.

7. Masukin langsung ke Google

Bagi yang ingin banget langsung masuk ke Google, sebaiknya langsung ke sini:

http://www.google.com/addurl

8. Masukin link blog anda di forum-forum dengan kata kunci yang unik

Sumbangan dari Mas Lukman:

Paling gampang (rahasia indonesian), lo masuk ke forum situs terkenal, trus masukkan post dg kata unik yang nge-link ke situs lo. Gw pengalaman promosi ‘Fish Autofeeder’ buatan sendiri. Gw daftar trus masuin ke salah satu judul post dengan kata kunci ‘fish autofeeder’. Penasaran trus Gw coba cari di Om Google, eh, ternyata langsung ada di urutan atas-atas. Tentu saja link ke gw harus melalui situs tersebut.

Kalau gak percaya, masuk Google trus cari ‘Fish Autofeeder’, pada urutan pertama ada forum alamat http://www.plantedtank.net/forums/equipment/12264-fish-autofeeder-recommendations-2.html – 31k yang di situ cuma sekali gw masukkan post. Nah, semakin banyak orang akses, alamat kita otomatis terindeks. Coba lihat urutan berikutnya, blog gw ada kan?

Good luck!
Ini blog iseng gw:
360.yahoo.com/lukmannet

9. Tagging setiap tulisan anda

Sumbangan mas Hengki: http://mashengky.wordpress.com/

Sebagai blogger wordpress, tagging adalah trik favorit saya. Sebisa mungkin saya selalu memperbanyak tag untuk setiap tulisan saya. Contoh, di tulisan facebook haram?, kata-kata yang saya gunakan sebagai tag adalah “facebook haram, facebook, haram, facebook indonesia.

10. Modifikasi tampilan komentar anda di blog lain

Sumbangan dari Kasatrya (http://www.posisisatu.com)

Di bagian nama jangan masukin nama, tapi teks yang terkait dengan tulisan yang sedang anda komentari. Contoh: Cara Cepat Menampilkan Website Di Google lebih baik ketimbang manuliskan nama “Kasatrya”. Hmmm, pinter juga nih orang. Tapi saya pribadi tidak senafsu ini. Saya lebih senang tetap menggunakan nama asli saya “Wim Permana”. Maklum, nama adalah “signature”.

11. Nge-bloglah demi Cinta

Nge-bloglah demi ranking, maka kamu hanya akan mendapatkan pengunjung sementara. Itupun dari Google semata. Tapi Nge-blog-lah demi cinta maka kamu akan mendapatkan semuanya: ranking yang bagus, teman, employer, partner, bahkan calon istri.

Boleh percaya boleh nggak, tapi banyak hal besar yang memang bisa bermula (dan juga berakhir) dari blog.

12. Just do it!

Semua tips akan percuma kalau tidak ada aksi. Ayo beraksi. Lebih cepat lebih baik. Hehehe….

Pesan sponsor:

Jika tulisan ini bermanfaat, maka penulis sangat mengharapkan doa dari semua pembaca agar Allah menggugurkan dosa-dosa saya sekaligus bekenan untuk memasukkan saya ke dalam Surga. Amin. Terima kasih sebelumnya.

image

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

7 thoughts on “12 trik untuk mendongkrak posisi blog anda di Google”

  1. wah, nice tips ni gan, “Sering-sering memberi komentar di blog lain” dan “Masukin link blog anda di forum-forum dengan kata kunci yang unik”, seperti yang saya lakukan sekarang, mampir2 ke blog saya yah, trims:mrgreen:

  2. Bagaimana jika seseorang itu tidak mensubmit di beberapa search engine? Apa bakal tetep naik ranknya??Lantas berapa standar jarak postingan yg baik pada update blog?? 1 minggu, 1 blan, atau 1 hari??

Tinggalkan Balasan

