Gila: biaya internet di Afghanistan sama dengan $4000/1 GB


AP afghan internet w 17jun0 3

Kita yang tinggal di Indonesia memang kudu sering-sering bersyukur pada Allah SWT. Salah satu alasannya adalah karena biaya akses internet yang ternyata sangat terjangkau, khususnya bila dibandingkan dengan negara tetangga jauh kita, Afghanistan. Tidak percaya?

$4000/1 GB

Berdasarkan info yang saya dapat dari Viva News, seorang pelanggan internet di sana harus menyediakan uang sebesar $4000 untuk setiap 1GB data. Jika dirupiahkan, uang sebesar itu mungkin bisa untuk dipakai berlangganan akses internet selama 133,3 bulan atau 11,2 tahun. Tentu saja, kalkulasi yang saya gunakan adalah berdasarkan pada tarif akses internet dari ISP yang pernah saya langgani, yakni Pesat Net – 300.000/bulan untuk paket unlimited data.

Lucunya, paket dari Pesat Net di atas ternyata juga masih dianggap mahal di Yogyakarta. Di sana, dan di beberapa daerah lain di Indonesia, sudah ada operator seluler atau pun ISP yang berani memberikan penawaran yang hampir sama tapi dengan harga benar-benar miring, sebut saja SMART Telecom (Rp. 75.000,00 per bulan mendapat unlimited data).

But what’s the point?

Nothing, melalui tulisan ini saya serius hanya ingin mengajak diri sendiri dan netter Indonesia bersyukur. Jujur sering saya melihat atau mendengar teman-teman saya sendiri yang sering mengeluh LUAR BIASA atas apa yang sudah diterimanya. Contoh, ada operator yang ngasih internet murah, eh malah dihina-hina pas sedang lemot (kan sesuai …), atau ketika sudah bayar mahal untuk suatu layanan, lalu kita langsung mencaci provider padahal pada waktu itu memang baru saja ada gempa bumi yang menyebabkan rusaknya kabel tempat lewatnya data.

Ah, dasar manusia …….

image

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

4 thoughts on “Gila: biaya internet di Afghanistan sama dengan $4000/1 GB”

  1. Gila banget ya dan kita di Aceh sekarang dengan berlangganan dengan telkomsel flash cuma Rp. 100.000 ribu per bulan dan lumayan kaan kita-kita di Nanggroe Aceh Darussalam dan terima kasih Telkomsel yang telah menyediakan Rp. 100.000,- un limited

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s