Pengguna Twitter ternyata banyak kambingnya; andakah salah satunya?


twitter

Apakah anda adalah pengguna Twitter? Well, kalau saya sih iya. Tapi, apakah anda termasuk “kambing” di sana? Hmm, bisa ya bisa juga tidak. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh PureWire untuk TechCrunch, diketahui bahwa dari 7 juta account yang disurvey, 80% diantaranya ternyata hanya memiliki kurang dari 10 pengikut. Jika anda termasuk yang disebut ini, berarti anda adalah “kambing”. Mbeeeeeekkkk ….

Berikut hasil lengkap survey PureWire;

Followers

Accounts with 0 followers: 29.4%
Accounts with 1 to 9 followers: 50.9%
Accounts with 10 or more followers: 19.7%

Followings

Accounts following 0 people: 24.4%
Accounts following 1 to 9 people: 43.4%
Accounts following 10 or more people: 32.2%

Tweets

Accounts with 0 Tweets: 37.1%
Accounts with 1 to 9 Tweets: 41.0%
Accounts with more 10 or more Tweets: 21.9%

Tips agar anda tidak menjadi “kambing” di Twitter

Sebagai pengguna twitter, saya memang tertarik dengan hasil survey di atas. Tapi yang lebih membuat saya tertarik adalah bahwa Eric Schonfeld, blogger TechCrunch, tampaknya tidak menyebutkan satu faktor yang bisa merubah statistik ini hanya dalam 1 bulan atau bahkan kurang – mengubah “kambing” menjadi “penggembala”. Faktor yang saya maksud di sini adalah aplikasi web pendukung Twitter seperti Tweet Manager dan Twitter Feed.

Tweet Manager

Dengan Tweet Manager, seorang pengguna Twitter bisa melakukan banyak hal terhadap akun Twitternya tanpa harus selalu login ke sana. Beberapa hal yang bisa diotomatisasi via Tweet Manager antara lain;

  1. tweet otomatis pada waktu-waktu tertentu
  2. auto follow terhadap pengguna twitter lain yang melakukan reply ke akun twitter kita dan atau terhadap mereka yang melakukan post dengan kata kunci yang kita minati
  3. direct message ke 1000 akun twitter lain secara otomatis

Twitter Feed

Jika Tweet Manager punya banyak fitur, maka aplikasi yang berikut ini hanya punya satu saja; memasukkan (broadcast) rss feed blog kita ke dalam twitter. Meskipun fiturnya hanya satu, aplikasi ini bisa menjadi benar-benar ampuh jika feed yang anda broadcast adalah sesuatu yang memang banyak diminati oleh pengguna twitter seperti gadget, iPhone, google, microsoft, dan sejenisnya.

goatrealng6

Status @wimkhan di Twitter

Jujur saya katakan bahwa akun saya di Twitter sebenarnya lebih bertujuan sebagai media untuk menyiarkan ketimbang untuk berkomunikasi. Dulu, ketika saya masih berlangganan internet bulanan, berkomunikasi di Twitter adalah keniscayaan. Tapi sekarang, ketika saya sudah tidak lagi punya uang untuk berlangganan, saya mengakali kondisi ini dengan cara memanfaatkan fitur-fitur yang sudah ditawarkan oleh Tweet Manager dan Twitter Feed. Hasilnya? Alhamdulillah, sekarang saya sudah mempunyai 380 pengikut – 97 akun lebih banyak dari akun yang saya ikuti. Tanpa harus login setiap hari, juga tanpa harus menganggap ke 380 akun itu sebagai “kambing” atau sejenisnya.

Follow me please …. @wimkhan

image | image

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

2 thoughts on “Pengguna Twitter ternyata banyak kambingnya; andakah salah satunya?”

Tinggalkan Balasan

