8 Karakteristik PT Abal-Abal di Indonesia


cowardscartoon

Pernahkah anda dipanggil untuk tes wawancara oleh sebuah perusahaan, yang kemudian anda tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya janji-janji manis bahwa anda akan diterima bekerja setelah membayar sejumlah uang untuk hal-hal aneh dan bodoh plus tidak wajar; biaya tes, biaya seragam, jaminan kesehatan, jaminan diterima, dll? Jika anda termasuk salah satunya, maka selamat anda mungkin belum beruntung. Harap maklum, PT yang telah memanggil anda tadi boleh jadi termasuk ke dalam salah satu PT Abal-Abal yang bertebaran di Indonesia.

Berikut karakteristik mereka:

1. PT Abal-Abal sejatinya perusahaan resmi dan terdaftar.

PT Abal-Abal umumnya terdaftar di Depperindag dan berbadan hukum. Dua hal ini adalah keharusan. Tujuannya adalah agar para calon korban banyak yang tertipu – sekalian untuk mengelabui para polisi juga mungkin. Mereka punya nomor resmi laiknya perusahaan lain yang non abal-abal. Hanya saja, niat dan tujuan mereka adalah bukan untuk memberikan anda pekerjaan sebagaimana lazimnya. Niat utama mereka adalah MENGAMBIL UANG SEBANYAK MUNGKIN DARI PARA CALON PELAMAR.

2. PT Abal-Abal memasang iklan di media-media terkemuka.

Beberapa PT Abal-Abal yang ada di jabodetabek memasang iklan secara rutin di harian nomor satu Indonesia, KOMPAS – biasanya setiap hari sabtu. Umumnya iklan lowongan kerja dari PT Abal-Abal akan tampil dengan ukuran yang agak kecil, sekitar 6 X 6 cm. Tidak bisa dibilang iklan cilik atau baris, tapi belum pantas juga dibilang besar.

Yang sudah tertipu bukan main banyaknya. Ada yang kena 700 ribu, 400 ribu, 300 ribu, sampai 50 ribu. Alhamdulillah, ada juga yang selamat karena sebelum ke kantor tujuan, para calon pelamar ini sempat mencari di Google sebelum akhirnya terdampar di blog ini atau blog lainnya. Kalau tidak percaya silahkan lihat di tulisan saya sebelumnya. Jangan lupa untuk membaca habis semua komentar yang masuk karena di situlah kezaliman PT Abal-Abal ini bisa terlihat jelas.

Itu untuk wilayah jabodetabek. Bagi anda yang berdomisili di Yogyakarta, anda juga harus hati-hati, PT Abal-Abal tampaknya sudah sering memasang iklan di Kedaulatan Rakyat (KR), harian terbesar dan terhormat seantero Jateng dan DIY. Khusus untuk PT Abal-Abal di Yogyakarta saya belum berani menuliskan namanya. Maklum, saya belum sempat menjajal sendiri ikut tes wawancara palsu mereka meski saya sendiri sudah dikirimi sms oleh PT Abal-Abal tersebut.

3. Iklan PT Abal-Abal selalu tayang saban minggu.

Hal ini bisa dimengerti. Kalau saja mereka tidak beriklan minimal seminggu sekali, lalu bagaimana mungkin mereka akan mendapatkan korbannya. Dengan tampil minimal seminggu sekali, PT Abal-Abal hampir pasti akan selalu mendapatkan calon korban setiap hari atau minggunya. Siapa calon korban itu? Andalah para job seeker, baik itu yang belum bekerja atau masih belum puas dengan pekerjaannya sekarang. Berhati-hatilah!

4. PT Abal-abal biasanya berpindah-pindah.

Mereka umumnya hanya menyewa ruang atau gedung untuk menjalankan praktik bejatnya ini. Hal ini sangat wajar, karena mereka bisa-bisa akan rugi besar kalau sampai gedung yang mereka miliki diamuk massa akibat kezaliman mereka. Di samping itu, mereka juga akan bisa leluasa berpindah tempat jika mereka tahu kalau masyarakat suatu daerah sudah mengenal baik identitas asli mereka; PT Penipu!

5. PT Abal-Abal meminta anda untuk langsung tes wawancara

PT Abal-Abal tidak akan meminta anda untuk mengikuti tes uji kemampuan skolastik, fisik, kesehatan, atau tes lainnya. Bahkan mereka pun tidak membutuhkan surat lamaran, CV, resume, ijazah, transkrip nilai, SKCK, kartu kuning, surat keterangan dokter, atau sejenisnya dari anda.

Yang mereka inginkan adalah bahwa anda sesegera mungkin langsung ke lokasi wawancara untuk bisa “digembosi” dompet atau harta anda. Sudah itu saja!

6. PT Abal-Abal menyewa gedung di lokasi yang elit.

Perusahaan penipu yang berlokasi di jabodetabek biasanya berani membayar mahal untuk menyewa ruang di lokasi elit seperti Jalan Jendral Sudirman Jakarta Pusat, Pulo Gadung Trade Center Jakarta Timur, dan sejenisnya. Secara psikologis hal ini akan menguntungkan mereka karena calon pelamar biasanya mudah dikelabui di muka dengan menggunakan lokasi yang bergengsi dan penuh prestise. Jalan Jendral Sudirman gitu bo!

7. PT Abal-Abal menyediakan formasi lowongan kerja yang sangat banyak untuk berbagai jenjang pendidikan dan umur.

Cerdas sekali, semakin banyak lowongan dan formasi, akan semakin banyak pula calon korban mereka! Jadi jangan heran kalau setiap kali beriklan, mereka akan tetap memberikan begitu banyak pilihan pekerjaan. Baik itu untuk lulusan SMA, D3, sampai S1. Untuk S2 tampaknya belum ada PT Abal-Abal yang berani, tapi siapa tahu mereka akan merubah pikiran di masa mendatang.

8. PT Abal-Abal SELALU MEMINTA UANG dari anda di muka.

Inilah kunci keuntungan mereka. Inilah inti modus operandi mereka. Inilah core business mereka. PT Abal-Abal memanfaatkan kegamangan para job seeker sekaligus kelemahan iman dan karakter mereka dalam setiap praktiknya. Dengan dalih untuk biaya tes kesehatan atau biaya seragam dan pendaftaran, calon pelamar akan dibujuk rayu untuk mengeluarkan uang mereka.

Kata mereka, “UANG INI ADALAH SEBAGAI JAMINAN AGAR ANDA BISA DITERIMA DI PERUSAHAAN REKANAN KAMI MAS/MBAK/PAK/BU/DIK.

Jika anda membalasnya dengan kalimat berikut, “BAIKLAH PAK/BU, SAYA SETUJU,” sambil mengeluarkan uang dari dompet anda lalu menandatangani surat perjanjian dari mereka. Itu berarti anda KALAH TELAK. Anda 0, mereka 1.

Jika anda membalasnya dengan kalimat berikut, “MAAF PAK/BU, SEBAIKNYA SAYA TIDAK JADI IKUT,” sambil tersenyum manis lalu pergi meninggalkan tempat itu. Itu berarti anda MENANG. Anda 1, mereka 0.

Jika anda membalasnya dengan kalimat berikut, “YOUR COMPANY IS A BULLSHIT!” sambil marah-marah lalu pergi meninggalkan tempat itu. Itu berarti anda SERI. Anda 1, mereka 1. Bung, buat apa menghabiskan energi anda untuk mereka. Sayang dong, mending untuk menulis lamaran saja. Tuh, BI, BPK, Pertamina, IBM, Garuda Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, BRI Syariah, BNI Syariah, dan lainnya banyak juga kok yang mencari karyawan.

Jika anda membalasnya dengan kalimat berikut, “MAAF PAK/BU, SEBAIKNYA SAYA TIDAK JADI IKUT. OH YA, PULANG DARI SINI SAYA AKAN MENCERITAKAN KEJADIAN INI DI BLOG SAYA. SELAMAT YA PAK/BU. PERUSAHAAN ANDA SAYA PROMOSIKAN GRATIS!” sambil tersenyum manis lalu pergi meninggalkan tempat itu. Itu berarti anda MENANG. Anda 2, mereka 0. Dengan mem-posting cerita tentang PT Abal-Abal di blog, anda bisa turut membantu mengurangi korban plus mendapatkan pahala tentunya. Bayangkan saja, ada yang sudah berniat untuk menginggalkan provinsinya di Sumatera hanya demi wawancara palsu PT Abal-Abal. Terbayang kan betapa besar ongkos dan pengorbanannya?

Jika anda membalasnya dengan kalimat berikut, “MAAF PAK/BU, SEBAIKNYA SAYA TIDAK JADI IKUT. OH YA, PULANG DARI SINI SAYA AKAN MENCERITAKAN KEJADIAN INI DI BLOG SAYA. SELAMAT YA PAK/BU. PERUSAHAAN ANDA SAYA PROMOSIKAN GRATIS! SATU LAGI, SAYA MENDOAKAN AGAR BAPAK/IBU DAN SEMUA KRU PERUSAHAAN INI SEGERA KEMBALI KE JALAN YANG BENAR.” sambil tersenyum manis lalu pergi meninggalkan tempat itu. Itu berarti anda HATTRICK. Anda 3, mereka 0. Selamat, anda adalah seorang capocanonieri sejati!

Jadi bagaimana, saya harap anda sudah mengenal lebih dalam tentang PT Abal-Abal ini. Saya harap anda bisa waspada dan mengambil langkah seribu kalau ada perusahaan yang memiliki karakteristik seperti di atas. Sekali lagi saya ingatkan, JANGAN PERNAH MAU MEMBERI UANG DI MUKA KEPADA PERUSAHAAN YANG BELUM PASTI MEMPEKERJAKAN ANDA. Bahkan kalaupun sudah mempekerjakan anda, apakah ada perusahaan sejati yang mengambil uang dari karyawan-karyawannya secara terang-terangan tanpa alasan jelas?

Untuk hari esok dan selanjutnya, strategi dan gaya bermain mereka mungkin akan berubah. Polisi mungkin masih bisa mereka tipu, pelamar kerja mudah digembosi, pak RT atau RW bisa disuap dan dikerjai, warga mungkin takut untuk menghakimi …………….tapi saya yakin seyakin-yakinnya, bahwa

ALLAH SWT TIDAK PERNAH TIDUR. ALLAH SWT ADALAH SEADIL-ADILNYA RAJA. CEPAT ATAU LAMBAT, ALLAH SWT AKAN MEMBOLAK-BALIK HATI SANG OKNUM PENIPU ATAU ……. BISA JADI ALLAH AKAN MEMBUNGIHANGUSKAN PT ABAL-ABAL ALIAS PT PENIPU INI BESERTA SELURUH ASET MEREKA. ALLAHUAKBAR.

baca juga

gambar

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

15 thoughts on “8 Karakteristik PT Abal-Abal di Indonesia”

  1. Wah terimakasih atas informasi yg berharga ini. Sy pernah ditelpon untuk ikut interview di sebuah perusahaan, padahal sy ngga ngerasa pernah ngelamar di perusahaan itu. Sepertinya perusahaan itu memanfaatkan database alumni kampus sy.

    SY curiga karena selain ngga pernah ngelamar di perusahaan itu juga karena nama perusahaan itu norak, sedangkan sy pernah baca kalau ciri2 perusahaan abal2 tu memakai nama yg norak, terkesan wah, tapi malah jadi lebay hha..

    Akhirnya sy search di google dengan kata kunci ‘penipuan’ dan ‘nama perusahaan’ akhirnya tahu bahwa perusahaan itu memang abal2.

    Jadi kesimpulannya, diera internet ini, sebaiknya sebelum kita melamar hendaknya mencari info tentang perusahaan yg akan kita lamar di internet ^^

    Untuk perusahaan bal2, kita doain aja biar kantornya kebakaran, kan doa orang yg dizalimi akan terkabul ^^

  2. Di kompas tgl 7 Nov. PT. Rankasa sudah menerima “S2”, S1, SMA. Umur pun yang sampai 40 thn. Bener-2 menebar jala yang lebar.

    Terus ada lagi yang iklan “Acc,Adm,Keu P/W 17-58thn” tiap hari ngiklan di kompas, poskota, bahkan ada juga di republika. Ini juga sama PT.abal2, PT. MITRA UTAMA GLOBAL.

    Hati-2 guys.. sekarang banyak orang pinter yang tega menipu orang yang awam. Laknatullah ‘alaihim

  3. saya pernah ikut wawancara juga diperusahaan abal2 itu.. dan diminta uang dimuka sebesar 700k. tapi Allah selalu dipihakku.. dengan polosnya saya jawab. saya kan mau kerja pak. kok malah disuruh bayar??? dan dia mencoba meyakini saya.. dan sayapun semakin bingung. dengan tegas nya saya langsung jawab lagi, saya gak ambil deh pak saya mau perusahaan menerima saya karna dengan kemampuan saya dan melalui proses. boro2 buat bayar 700k saya aja merantau. kalopun ada duit didompet ya buat makan. makanya saya cari kerja mati2an sebelum duit makanku abis. buat kalian ati ati dengan PT CAKRAWALA PERMATA SAKTI. JL VETERAN NO 160 WARUNGBOTO UMBULHARJO YOGYAKARTA. ITU ABAL ABAL.

  4. Wah terima lasih infony hrusny besok saya wawancara di PT. CAKRAWALA PERMATA SAKTI. JL VETERAN NO 160 UMBULHARJO YOGYAKARTA, tapi setelah membaca blog n koment dsni ssaya langsung menghubungi PT tersebut n menanyakan apakah pelamar di pungut biaya?? Dengan gampang merka menjawab pelamar tidak di pungut biaya hanay akan dimintai 100rbu buat tes psikotes n kalau gk lukus di kembalikan 100%. Berarti kan sama aja minta duit, jangan mau tertipu oleh mereka n terimakasih juga buat penulis blog n oliv karwna nasib kita hampir sama hehe

  5. Hampir aja tergiur, tdi ada info lowongan gini. eh trnyata alamatnya sma kaya yg di atas😦
    Perusahaan Epson Indonesia Industry pada bulan ini
    membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA, SMK, dan
    STM terbaru untuk posisi:
    1. Staff Purchasing (4)
    2. Operator Produksi (23)
    3. Staff Gudang (12)
    Klasifikasi umum:
    – Pria/Wanita
    – Pendidikan min SMA/K (2,3) & D3-S1 (1)
    – Usia max 24 untuk SMA/K & 28 th untuk D3-S1
    – Tinggi badan minimal 153 cm (wanita) & 162 cm (pria)
    – Tidak sedang terikat dengan perusahaan lain
    – Sehat jasmani dan rohani
    – Tidak buta warna
    – Dapat bekerja dalam tim
    Fasilitas:
    – Gaji Rp.3.200.000
    – Lemburan + Premi Hadir
    – Uang Transport + Jemputan
    – THR (Tunjangan Hari Raya)
    – BPJS / JKN
    Jika Anda berminat dengan dan memenuhi persayaratan di
    atas silahkan data diri via sms ke bagian penyeleksi data:
    Nama/Pendidikan/Jurusan/Usia/Tinggi Badan/Alamat.
    Kirim ke: 085695659856 (HRD Recruitment)
    Alamat pendaftaran & psikotest :
    Jl.Veteran No.160, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.
    Tlp. 027-4412133 (pada jam kantor)

  6. Terimakasih atas informasinya,kemarin saya Cari2 lowongan kerja diinternet di perusahan PT yg tidak saya sebutkan namanya. Hari itu saya masukin lamaran via email dan sms langsung dibls dan disuruh interview besoknya. Ketika disana pertanyaannya kok ga sesulit yg saya bayangkan. Pertanyaan yg diajukan asal jawab ia mau langsung diterima dan dengan syarat bayar 350 ribu katanya untuk bayar keterangan sehat jika tidak sangup bisa bayar 50 ribu dulu sisanya ngutang dri situ saya langsung menjawab tdk sanggup. Puji Tuhan saya tidak tertipu dan tdk mengiakan ketika ditanya mbak ada duitnya berapa sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s