Bagaimana cara mudah beristighfar 70 kali sehari?


Bismillahirrahmaanirrahiim…

islam2ie9

Beristighfar 70 kali dalam sehari adalah salah satu amalan Rasulullah SAW yang sangat populer. Betul ga bro? Namun sayang, tampaknya banyak di antara kita yang belum mampu mengamalkannya – gua mungkin termasuk ke dalamnya. Susahnya mencapai angka 70 kemungkinan besar terjadi karena seorang muslim atau muslimah baru akan beristighfar ketika hendak tidur. Jadi wajar saja jika seorang muslim atau muslimah sudah terkapar alias qoit dulu meski jumlah istighfar belumlah sampai ke angka 70. Duh sayangnya…

Jadi bagaimana menyiasatinya? Ternyata mudah sekali bro. Dan semoga Allas SWT juga memudahkan kita semua untuk mengamalkan trik ini. Insyaallah. Berikut trik agar mudah beristighfar sebanyak 70 kali dalam sehari. Watch out bro ….

1. Kerjakan sholat fardhu yang lima secara berjamaah di Masjid

Kenapa? Pokoknya karena ajib aja. Hehehe … nih baca hadis-hadis di bawah:

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:

Bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: Apa pendapat kalian bila ada sungai di depan pintu rumah seorang di antara kalian dan ia mandi setiap hari di sana sebanyak lima kali. Apakah masih ada kotoran tersisa? Para sahabat menjawab: Tidak akan tersisa sedikit pun. Beliau bersabda: Begitulah perumpamaan salat lima waktu, dengan salat Allah akan menghapus segala kesalahan. (Shahih Muslim No.1071)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:

Dari Nabi saw., beliau bersabda: Barang siapa yang pergi siang atau malam hari ke mesjid, niscaya Allah akan menyediakan baginya di surga suatu tempat singgah setiap ia pergi pagi atau malam. (Shahih Muslim No.1073)

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:

Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Salat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dari salat sendiri. (Shahih Muslim No.1038)

Nih amal pahalanya kayaknya bejibun banget bro. Apalagi kalau kamu bisa mengkavling shaf depan yang ada di masjid. Wuzzz, pokoknya pahalanya sangat wah.

Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda,

“Seandainya manusia mengetahui pahala azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan undian, niscaya mereka melakukan undian itu. Seandainya mereka mengetahui pahala bersegera pergi menunaikan shalat, niscaya mereka berlomba-lomba kepadanya. Dan, seandainya mereka mengetahui pahala jamaah shalat isya dan subuh, niscaya mereka mendatanginya meskipun dengan merangkak.”

2. Habis solat lanjutkan dengan wirid

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:

Bahwa fakir miskin Muhajirin datang menemui Rasulullah saw. dan berkata: Orang-orang kaya telah pergi dengan derajat yang tinggi dan nikmat yang kekal. Rasulullah bertanya: Apa itu gerangan? Mereka menjawab: Mereka salat seperti kami salat, mereka puasa seperti kami puasa. Tetapi mereka bersedekah sedang kami tidak sanggup, mereka mampu memerdekakan budak sementara kami tidak mampu. Rasulullah saw. bersabda: Maukah kalian aku ajarkan sesuatu yang dapat membuat kalian mengejar orang-orang yang mendahului kalian dan yang dapat membuat kalian mendahului orang-orang yang sesudah kalian? Tidak ada seorang pun di antara kalian yang lebih utama kecuali ia melakukan seperti yang engkau lakukan. Mereka menjawab: Tentu, ya Rasulullah. Rasulullah bersabda: Kalian baca tasbih (subhhaabnallah), takbir (Allahu akbar) dan tahmid (alhamdu lillah) setiap selesai salat sebanyak tiga puluh tiga kali. (Shahih Muslim No.936)

Tuh liat bro, kalau tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak 33 kali tiap habis solat saja kita bisa karena sudah terbiasa sejak TK, lalu kenapa kita tidak mengamalkannya untuk istighfar.

3. Dalam setiap wirid sehabis solat fardhu, beristighfarlah sebanyak 14 kali saja.

Yoa bro, 14 kali saja. Jangan langsung 70. Entar kamu malah berat. Mending kamu cicil saja bro. Bukankah 14 x 5 = 70. Jadi kalau dalam setiap solat fardhu kamu berhasil beristighfar sebanyak 14 kali, insyaallah setiap hari kamu-kamu sudah pada berhasil untuk mengamalkan salah satu sunah junjungan kita Rasulullah SAW. Gimana, simple kan? Gua yakin bro, elo pasti mampu mengamalkan sunah yang satu ini. Btw, tahu ga lo apa hadiah untuk orang yang mampu ngamalin istighfar ini bro? Nih baca:

Barangsiapa memperbanyak istighfar maka Allah akan membebaskannya dari kedukaan dan memberinya jalan ke luar bagi kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duganya. (HR. Abu Dawud)

Walhamdulillahirabbil’alamiin.

Note:

Trik ini bukan syariat. Hanya sebuah trik dari orang yang ingin menambah amal soleh dunia dan akhirat. Mohon dikoreksi kalau ada yang salah atau kurang.

Semoga bermanfaat. Wallahu’alam bisshowab.

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

9 thoughts on “Bagaimana cara mudah beristighfar 70 kali sehari?”

  1. kalau pingin lebih mudah lagi,ber istighfar lah ketika kita di jalan, sambil naik motor/kendaraan, karena kebanyakan mungkin masih pada ngelamun, istighfar kan gak harus di masjid, ^_^

    manfaatkan waktu di jalan juga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s