Gravika: An introduction


Bismillahirrahmaanirraahiim.

Gravika 2

Tampilan visualisasi grafik donut 2D …

Hari Sabtu kemarin, tanggal 5 Februari 2011, Welldan Bramantya, salah satu teman saya yang sedang bekerja di perusahaan IT terkemuka di Jakarta mengirimkan sms kepada saya. Isinya:

mas wim, wah gravikanya ud bisa dcoba blm nh? jelasin donk tentang gravika …

Oke Well, tulisan berikut akan menjawab smsmu di atas:

Apa itu Gravika?

Dalam imajinasi saya, Gravika terdefinisikan sebagai berikut:

A beautiful web application to visualize data (real-time) from SIMDA’s database.

Sederhana bukan? Jika definisi di atas dibawa ke belantara kosakata bahasa Indonesia maka Gravika bisa berarti

sebuah aplikasi berbasis web yang indah untuk memvisualisasikan data dari database SIMDA secara real time.

Bagi anda yang belum tahu, SIMDA adalah singkatan dari SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DAERAH. Sesuai dengan namanya, SIMDA sejatinya adalah sebuah sistem informasi yang digunakan oleh pemda-pemda di Indonesia untuk mengelola proses keuangan daerah di masing-masing. Biar lebih mudah membayangkan SIMDA, segera bayangkan ratusan bahkan ribuan lembar APBD suatu kabupaten/kota/propinsi di Indonesia. Menurut info yang saya dengar, saat ini SIMDA sudah dipakai oleh ratusan pemda (pemkab, pemkot, dan pemprov) di Indonesia.

Pemkab Gorontalo sendiri, tempat saya bekerja dan mengabdi sekarang, tidak lain adalah konsumen SIMDA …. yang sejati. Tidak hanya sebagai pengguna, Kabupaten Gorontalo bahkan termasuk daerah pilot project tempat aplikasi buatan BPKP ini diuji pertama kali. Tidak heran kalau hampir semua elemen birokrasi di kabupaten ini – mulai dari bupati sampai ke operator keuangan – sudah sangat akrab dengan SIMDA.

Gravika

Tampilan pertama visualisasi Gravika …. not bad ha …..

However ….. SIMDA juga (produk buatan) manusia …

Walau SIMDA sudah dirasa unggul dalam banyak hal. Tapi saya masih melihat celah untuk meningkatkan kinerja SIMDA. Salah satunya adalah dengan cara menyediakan sebuah aplikasi yang bisa menampilkan data keuangan dari database SIMDA dalam bentuk grafik (baca: chart). Saat ini, SIMDA hanya menyediakan report-report yang melulu berbasis teks (text-based). Tanpa grafis. So, saya selalu membayangkan, alangkah indahnya kalau data yang ada di SIMDA bisa ditampilkan dalam bentuk grafis.

Nah, atas dasar ide itulah akhirnya saya berinisiatif untuk memulai project ini … (Wait a minute saat ini Gravika belum bisa diujicoba secara langsung well. Sorry. Tunggu kabar selanjutnya ya …)

Dan petualangan pun dimulai!

……………………………………………………………………………..

To be continued ………….

Walhamdulillahirobbil’alamin ….

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

7 thoughts on “Gravika: An introduction”

  1. Assalam sdr wim..smoga kbr anda sehat selalu disitu..

    membaca artikel anda di atas hanya dua pertanyaan saya..

    “bagaimana kabar SIPKD di situ?”

    bukankah anda merupakan perwakilan SIPKD disitu?

    Thanks

    Wassalam..

    1. Wa’alaikum salam duta denpasar (ricardo johan saimima ……. wakakaka)

      kabarnya insyaallah baik2 saja, tetapi sekarang masih vakum.

      btw saya sekarang sudah jadi cpns di pemkab gorontalo jo.
      Sebenarnya gravika ini tidak hanya untuk memvisualisasikan data dari SIMDA, dari SIPKD juga bisa kok. tinggal di ubah2 aja query SQL nya.
      Kalau pimpinan di sini mendelegasikan saya untuk melakukannya, ya saya tinggal kerjakan saja.

      Sukses ya buat sipkd di sana …. tetap berinovasi ya.

      Wassalamu’alaikum …..

  2. hai mas wim😀, wah saya disebut-sebut nih, tapi link-nya ga hidup :p, oke infonya sangat bermanfaat nih.. jadi ngerti sekarang apa itu gravika, wue.. makin cihuy nih koding web based nyah. terus berkarya mas!

Tinggalkan Balasan

