Bupati David Buka Diklat PPTK Gelombang I di Makasar


Bupati David Buka Diklat PPTK di Makasar 2Makasar, Sulawesi Selatan: Bupati Kabupaten Gorontalo David Bobihoe Akib membuka pelaksanaan Diklat Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Angkatan I di Hotel Sahid Jaya Makasar. Diklat yang ditujukan untuk PPTK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo ini diselenggarakan mulai tanggal 25 Agustus s.d. 31 Agustus 2014 atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan Lembaga Manajemen Universitas Patria Artha. Dalam sambutannya, Bupati dua periode ini berpesan kepada semua peserta untuk meningkatkan dan menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sehingga mampu mencegah terjadinya kebocoran anggaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Selama mengikuti diklat, 46 peserta yang berasal dari berbagai SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo rencananya akan digodok dengan materi-materi yang bersinggungan langsung dengan tugas-tugas PPTK di lapangan seperti Pengajuan dan Permintaan Pencairan, Kelengkapan dan Keabsahan Bukti, Pelaporan dan Pertanggungjawaban, Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa, dan penghitungan pajak. Untuk pemateri, panitia penyelenggara telah mendapuk beberapa nama populer di bidangnya masing-masing seperti Bapak Drs. Siswo Sujanto, DEA, pakar di Bidang Pengelolaan Keuangan Negara yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan serta Bastian Lubis yang namanya sudah tidak asing lagi untuk urusan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) di lingkungan pemerintah daerah. Setelah proses pembelajaran selesai, diklat akan diakhiri dengan ujian sertifikasi yang terdiri dari ujian wawancara dan tertulis untuk menentukan kelulusan peserta.

Diklat untuk PPTK ini merupakan kelanjutan dari komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk terus meningkatkan kualitas pengelola keuangan daerah. Sebelumnya, Pemkab juga sudah menyelenggarakan diklat untuk penyelenggara pengelola keuangan lainnya, seperti Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran, PPK (Pejabat Penatausahaan Keuangan), Bendahara Pengeluaran, dan Bendahara Barang.

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

1 thought on “Bupati David Buka Diklat PPTK Gelombang I di Makasar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s