Perang Blackberry vs iPhone di Indonesia


iphone 2

Di Yahoo Top Searches 2008 wilayah Indonesia, iPhone ternyata sudah menjadi raja untuk kategori teknologi. Gadget candybar buatan Apple ini mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya macam Nintendo Wii, Skype, Netbook, dan Macbook. Sementara itu, di tempat yang sama, Blackberry justru diletakkan di urutan kelima untuk kategori Selular bersama Nokia, SE, Motorola, Samsung.

Kategorisasi yang keliru

Bagi saya yang punya pengalaman menjadi seorang cellphone blogger di 3GWeek, saya rasa Yahoo telah melakukan kekeliruan yang cukup mendasar. Di manapun blogger menulis atau bekerja, biasanya mereka selalu menempatkan iPhone dalam posisi vis a vis dengan Blackberry. Dengan kata lain, keduanya harusnya berada di satu kategori yang sama; smartphone!

Ketika keduanya sudah diletakkan di tempat/kategori yang sama, lalu sebuah tanya besar akan muncul. Manakah diantara keduanya yang lebih populer di tahun 2008? Siapakah yang akan memenangkan pertarungan di tahun 2009? Jengg.. jengg.. jengg….

Selengkapnya

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

10 thoughts on “Perang Blackberry vs iPhone di Indonesia”

  1. iphone ra enak, ra iso rekam video
    ra iso video call, potone standar
    browser e ra mendukung bbrp plugin penting

    tapi model e tetep no 1, fisenebel nek jare toocool

    1. Yoa tuing, kamu bener. iPhone emang ga bisa semuanya. Tapi di situlah daya tarik Apple. mereka jarang sekali membuat satu produk yang menjadi mentargetkan semua ceruk di pasar. Biasanya mereka sudah menentukan dulu target pasar mereka, baru kemudia mereka menjualnya.

      1. bang klo features kurang gmn mao milih target market mereka??klo menurut sya justru pasar buat produk itu malah ga ada.

        klo msalah teknologi lbih mending milih features dah dari pada model

        thx

    1. Santai aja mbak rindu. Saya saranin mbak mbaca review e71 di 3gweek.net. Silahkan ke sana lalu masukkan kata kunci “review e71” di kotak pencarian internal situs itu. Thanks ya udah datang di gubuk hikmahku😛

  2. Ikut nimbrung mas.
    Kebetulan saya pernah memakai beberapa hp nokia, pda, blackbery dan iphone. Penggemar smartphone🙂
    Sebenarnya tergantung kebutuhan ya. Kalau mau simple mungkin nokia memang mudah tapi saya merasa dunia nokia agak sempit.
    Sebagai penghobi handphone tidak banyak yang dapat dilakukan dengan hp nokia (dioprek maksudnya)😉

    Untuk bb sangat enak untuk kerja tapi saya rasa sebatas untuk messenger dan email. Simple, cepat dan mudah diajak cari uang.
    Kalau iphone ehmm…. Menantang sih
    pertama beli rasanya pengen buang iphone ini. Kebetulan beli yang telkomsel dan tidak jailbreak. Ga bisa diapa2in. Sulit dan ribet. Setelah browsing sana sini akhirnya menemukan pencerahan dan banyak sekali yang dapat dioprek dan menghasilkan kepuasan sendiri.

    Semakin kenal iphone tidak heran banyak pengemarnya yang makin loyal karena iphone memang perlu pengenalan. Semua fitur yang tidak bisa spt multitasking dan video recorder aman menjadi bs setelah dijailbreak.

    Iphone tidak akan menjadi pesaing persis untuk produk blackberry. Bisa jadi iphone akan menjaei complementary untuk produk blackberry dan bukan substitution. Dengan demikian market blackberry juga mungkin digarap oleh iphone karena fungsi dan kebutuhan yang sedikit berbeda.

    Sori panjang. Salam kenal mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s