Cara menghasilkan uang dengan nge-blog pakai WordPress


Daftar Isi Ebook

Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang dengan nge-blog, khususnya dengan bantuan wordpress.com. Tapi dalam kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas dua diantaranya:

Download Free Ebook WORDPRESSTIGIOUS: Bikin Blog dan Website Menarik Dengan WordPress.

1. Ziddu – pay per download

Ziddu (www.ziddu.com) adalah situs file sharing laiknya Rapid Share, 4Shared, Box.Net, Uploading, dan Easy Share. Apa yang membedakan Ziddu dengan kompatriotnya adalah bahwa Ziddu memungkinkan anggotanya untuk mendapatkan bonus mulai dari US$1 – $100 dari setiap file yang sudah diuploadnya. Contoh: Anda menulis sebuah ebook yang berjudul “How to get rich in one minute”. Karena Anda adalah orang yang baik, Anda kemudian meletakkan atau mengupload file ebook tersebut ke server Ziddu.com. Setelah itu, Anda mulai membuat tulisan atau post di blog Anda yang ada di wordpress.com mengenai buku Anda ini. Di dalam tulisan Anda ini, Anda berusaha sebaik mungkin untuk membuat semua orang yang membacanya jadi berminat untuk mendownload ebook tersebut. Akibatnya, para pembaca Anda pun mulai mendownload buku tersebut.

Awalnya mungkin hanya ada satu-dua orang yang mendownload ebook itu per hari. Tapi karena Anda gigih dalam berpromosi, rata-rata pendownload ebook tersebut naik menjadi 1000 orang per hari. Di hari yang keseratus, Anda mungkin akan sumringah karena mendapati akun paypal Anda sudah terisi dengan uang sebesar $100.

Menurut aturan main yang dibuat oleh Ziddu, situs yang berbasis di Asia ini bersedia membayar Anda sebesar $0,001 per satu download yang terjadi. Dengan demikian, Anda baru bisa mendapat uang sebesar $1 jika sudah ada seribu download yang terjadi. Jujur, mungkin aturan seperti ini bisa menyakiti hati Anda selaku penulis, tapi $0.001 masih lebih baik bukan dibanding tidak sama sekali.

2. E-Commerce

Cara kedua adalah cara favorit saya dan banyak blogger wordpress Indonesia lainnya. Dengan cara kedua ini, blogger akan memanfaatkan blog wordpress.com sebagai etalase produk-produknya. Umumnya, pemesanan oleh calon pembeli akan dilakukan via email, Yahoo Messenger dan telepon. Sementara pembayaran untuk setiap pembelian akan dilakukan dengan cara transfer uang antar bank atau Paypal. Contoh kasus terbaik untuk cara kedua adalah blog yang menjual kaos, yakni Kaos Kojo di alamat http://kaoskojo.dagdigdug.com atau Wimkhan Clothing.

Kaos Kojo yang juga menjadi official merchandise untuk grup band Cokelat ini menggunakan blognya sebagai etalase produk-produk kaosnya. Untuk transaksi pembayaran, Kaos Kojo menyediakan dua metode, yakni transver via bank atau Paypal.

Lenancker-Romain2

Which one is the best one?

Jika Anda menanyakan kepada saya tentang metode terbaik diantara Ziddu dan E-Commerce, maka saya dengan bangga menjawab metode kedua. Saya memilih metode kedua karena di dalam dunia e-commerce, seorang pedagang bisa mengatur hubungan bisnis dengan pembelinya secara lebih leluasa. Sebagai pedagang digital, Anda berhak menentukan sendiri berapa harga barang yang Anda jual, berapa diskon yang bisa Anda berikan untuk pembelian yang mencapai kuota tertentu, dan sebagainya.

Note:

Tulisan ini adalah salah satu subbagian dari 5 subbagian yang ada di dalam ebook karya Wim Permana, “WORDPRESSTIGIOUS: Bikin Blog dan Website Menarik Dengan WordPress”. Untuk membaca versi lengkap tulisan ini, silahkan mengunduhnya via ziddu.com.

Download Free Ebook WORDPRESSTIGIOUS: Bikin Blog dan Website Menarik Dengan WordPress .

Image by by Romain Lenancker, an interdisciplinary art director based in Lyon, France. [watch him]

Penulis: Wim Permana

CPNS Pemkab Gorontalo, Entrepreneur, Blogger, Writer, Blade Rider

55 tanggapan untuk “Cara menghasilkan uang dengan nge-blog pakai WordPress”

  1. thx boss buat infonya. nah itu, kalo uang udah terkumpul di ziddu, cara ngmbilnya gimana? dikirim ke rumahku atau lewat bank? disini saya punya ATM BCA sama BNI.
    GBU

  2. Keren sekali gan, jadi pengen belajar banyak. gan, numpang nanya, dulu saya sempat daftar di ppc kumpulkumpulblogger. dan saya sudah dapat link-nya di wordpress saya. terus saya coba ganti tema, eh link iklannya malah jadi hilang. kenapa ya gan? mohon bantuannya dong. salam kenal dari. adit
    http:aditsasak.wordpress.com

  3. sekedar tambahan uat teman2 lain agar menjadi ganda,silaahkan daftar di adf.ly lalu shrink link ziddu teman,nah hasil shrink itulah yang akan di pasang pada wordpress,jadi dapat di ziddu dpt di adfly juga tapi biasanya pihak wordpress tak menerima link berbasic iklan terpasang pada wp gratisan,kalau saya sich setelah di shrink di adfly saya shrink di tiny.url agar bisa terpasang hehehe.

    jangan lupa kunjungi http://ekspresidiri.wordpress.com

  4. Ini dia yang saya cari. Tawaran bisnis online begitu banyak kok tidak ada yang riil. Semuanya minta dijualkan barang, atau malah menawarkan barang ke kita, dalam berbagai bentuk. Pusing aku jadinya (minum obat dulu ah…). Trims Mas informasina yang sangat bermanfaat. Selamat dan sukses selalu untuk Anda.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

  5. walaupun hasilnya kecil lama-lama bisa payout juga kok.apalagi kalau kita ikut beberapa bisnis online yang lainnya,kan bisa menumpuk untung nya?yang penting pilih BO yang gk scam.trims info ziddu nya gan

    1. ya masuk ke rekening kita mas sukron. tergantung rekening kita di mana. tapi umumnya para pengusaha di dunia maya punya akun paypal buat menampung komisi yang mereka dari rekan bisnis atau pelanggan mereka. Begitu kira-kira.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.